Honda PCX Electric Tidak Akan Dijual di Indonesia, Ini Alasannya

Honda PCX Electric Tidak Akan Dijual di Indonesia, Ini Alasannya

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 19:59
share

JAKARTA, iNews.id - Motor listrik semakin berkembang di Indonesia. Pemerintah pun terus mendorong masyarakat mengendarai kendaraan elektrik.

Salah satunya melalui ajang Electric Vehicle Funday yang digelar di Bandung, Minggu (4/11/2022). Uniknya, ada lima unit PCX Electric yang ikut dalam ajang tersebut disebutkan tidak akan dijual di Indonesia.

Berbagai perusahaan mengikuti konvoi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai yang mengambil start dari Meseum Geologi hingga finish di depan Gedung Sate, Bandung.

General Manager Motorcycle Sales, Marketing and Logistic DAM, Handi mengatakan keikutsertaan Honda pada ajang Electric Vehicle Funday merupakan bagian atas dukungan penuh terhadap percepatan kendaraan bermotor listrik yang diusung oleh pemerintah Indonesia.

Honda mengikuti konvoi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dengan menghadirkan Honda PCX Electric sebagai sepeda motor listrik Honda produksi anak bangsa, ujar Handi.

width=560



PT Astra Honda Motor (AHM) akan melanjutkan pengembangan sepeda motor listrik terbaru, selain Honda PCX Electric.

Diketahui, AHM telah meluncurkan PCX Electric pada 2019 dan akan melanjutkan pengenalan sepeda motor listrik Honda lainnya pada tahun depan sebanyak dua model.

Upaya ini akan dilanjutkan pada tahun 2024 sebanyak 2 model dan terus berlanjut hingga 2030 dengan meluncurkan kembali tiga model sepeda motor listrik lainnya. Produk sepeda motor listrik yang akan dipasarkan AHM memiliki pilihan pengisian daya ulang langsung melalui listrik (direct charging) maupun melalui baterai yang dapat ditukar (swapping battery).

Kendaraan listrik ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, sehingga AHM menargetkan penjualan 1 juta sepeda motor listrik pada 2030 dalam setahun. Target ini akan terus berkembang seiring dengan tren pasar dan penerimaan masyarakat terhadap kehadiran sepeda motor listrik Honda di Indonesia.

Sementara itu, Johannes Loman sebagai Executive Vice President Director AHM memaparkan pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 beberapa waktu lalu, bahwa kemungkinan tidak akan menjual PCX Electric.

width=560

Saat ini PCX Electric hanya untuk disewakan, tapi kayaknya kami akan mengeluarkan generasi baru dari itu (PCX Electric), kata Loman.

Pria berkacamata tersebut menganggap belum semua konsumen di Indonesia tertarik dengan motor listrik. Mereka masih menganalisis sejauh mana penerimaan dan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap motor listrik. Ini terkait dengan pertimbangan aftersales, infrastruktur hingga keamanannya saat digunakan.

Topik Menarik