Menteri Teten Dorong UMKM Pasok Komponen Konversi Motor Listrik, akan Konversikan Bengkel Konvensional ke Elektrifikasi

Menteri Teten Dorong UMKM Pasok Komponen Konversi Motor Listrik, akan Konversikan Bengkel Konvensional ke Elektrifikasi

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 23:35
share

JAKARTA, celebrities.id Program konversi menjadi salah satu cara pemerintah untuk mempercepat tren elektrifikasi di Indonesia. Ini menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang ingin mulai transisi dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan program konversi merupakan kesempatan besar untuk para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), khususnya pembuat komponen, termasuk para pemilik bengkel.

Kami di SMESCO, sejak 2020 bekerja sama dengan bengkel yang sudah mengkonversi vespa-vespa tua. Bersama dengan Kementerian BUMN juga sudah menjalin kemitraan dalam konsep rantai pasok dimana UMKM menjadi rantai pasok kebutuhan industri di BUMN dan ini akan kami efektifkan, kata Teten dikutip dari laman Kementerian ESDM, Minggu (4/12/2022).

Teten menyampaikan bahwa pemerintah akan mempersiapkan UMKM, terutama yang berada di bidang otomotif menjadi bagian dari industri. Ini mendorong mereka memproduksi komponen-komponen untuk kendaraan listrik.

Senada dengan Kementerian ESDM, Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury juga akan berusaha mengakselerasi program kendaraan listrik. Ia mengungkapkan Menteri Negara BUMN Erick Thohir telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang mewajibkan staf di lingkungan Kementerian BUMN tak lagi menggunakan kendaraan bahan bakar minyak.

Motor dan mobil dinas Kementerian BUMN tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak. Jadi harus motor dan mobil listrik. Kami juga akan membesarkan Gesit yang merupakan produksi dari anak usaha PT WIKA, ujar Pahala.

Selain itu, Pahala juga menghimbau agar bank-bank yang tergabung dalam Himbara dan yang lainnya untuk mengubah kebijakannya untuk mempermudah dalam memberikan pembiayaan ke motor dan mobil listrik.

Selain bagian dari sosialisasi, kegiatan EV Funday yang digelar Kementerian ESDM juga merupakan dukungan terhadap Kementerian Perhubungan dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Sekitar 200 motor listrik melakukan konvoi di kota Bandung, Jawa Barat, yang dipimpin oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, dalam acara bertajuk Electric Vehicle (EV) Funday dengan menempuh jarak 9,1 kilometer dimulai dari Museum Geologi dan berakhir di Parkir Barat Gedung Sate.

Topik Menarik