Ratusan Motor Listrik Wara-wiri di Bandung, Cara Pemerintah Sosialisasikan Elektrifikasi

Ratusan Motor Listrik Wara-wiri di Bandung, Cara Pemerintah Sosialisasikan Elektrifikasi

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 23:20
share

BANDUNG, celebrities.id Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memimpin konvoi 200 motor listrik di acara Electric Vehicle (EV) Funday di kota Bandung, Jawa Barat. Ini dijadikan ajang untuk mensosialisasikan kendaraan listrik kepada masyarakat luas.

Konvoi motor listrik ini merupakan lanjutan dari sosialisasi sebelumnya yang dilakukan pada 20 November 2022 di Jakarta. Rute EV Funday di Bandung dilaksanakan sepanjang 9,1 km dimulai dari Museum Geologi dan berakhir di Parkir Barat Gedung Sate.

Kami akan terus melakukan sosialisasi dan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait mengenai program kendaraan listrik. Kami juga akan bekerja sama dengan para pelaku manufacturing pembuat komponen serta bersama Pak Teten (Menkop & UKM) membuat roadmap program kerja sama melibatkan usaha-usaha kecil untuk bisa aktif, kata Arifin dikutip dari laman Kementerian ESDM.

Tak hanya itu, Arifin menambahkan Kementerian ESDM akan fokus melakukan pembenahan dari sisi hulu industri. Menurutnya, industri-industri besar di sisi hulu sedang berupaya untuk membuat komponen-komponen kendaraan listrik.

Secara bersamaan, kami juga telah mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukungnya sehingga program ini (elektrifikasi) bisa berjalan dengan baik dan sempurna, ujar Arifin.

Kementerian ESDM telah meluncurkan pilot project program konversi 100 unit motor dengan 10 tipe jenis sepeda motor pada 17 Agustus 2021.

Proses konversi tersebut mengikuti Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Motor listrik tersebut telah lolos uji ketahanan dengan menempuh jarak 10 ribu km selama 48 hari melalui jalan menanjak, turunan dan macet, baik dalam kondisi hujan maupun panas.

Pada 2022, Kementerian ESDM melanjutkan konversi tersebut menjadi 1.000 motor listrik dan 13 juta motor listrik pada tahun 2030. Hal ini merupakan salah satu strategi pemerintah untuk mengakselerasi menuju Net Zero Emission pada tahun 2060.

Hingga saat ini, terdapat 10 bengkel konversi motor yang telah tersertifikasi untuk mempercepat target Presiden RI Joko Widodo tentang penggunaan dua juga motor listrik pada 2025.

Bahkan, pemerintah juga akan memberikan subsidi sebesar Rp6,5 juta untuk pembelian motor listrik pada 2023.

Topik Menarik