Tesla Akhirnya Mengirimkan Truk Semi Listrik Setelah Penundaan Selama 3 Tahun

Tesla Akhirnya Mengirimkan Truk Semi Listrik Setelah Penundaan Selama 3 Tahun

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 11:31
share

Sukoharjonews.com Tesla pertama kali mengumumkan Truk Semi Listrik pertama yang diumumkan sekitar 5 tahun yang lalu. Sejak saat itu, perusahaan akhirnya mengirimkan Truk Semi Listrik kepada pelanggannya, tetapi pengiriman ini baru berusia 3 tahun.


Dilansir dari Gismochina, Minggu (4/12/2022), raksasa pembuat EV ini pertama kali meluncurkan konsepnya pada tahun 2017, dengan produksi direncanakan akan dimulai pada tahun 2019. Namun, menyusul berbagai masalah seperti kekurangan komponen dan bahkan pandemi virus Corona, perusahaan mengalami penundaan besar dalam jadwalnya dari Gigafactory di Sparks, Nevada.

Yang cukup menarik, perwakilan dari PepsiCo adalah salah satu pelanggan pertama yang memesan 100 Truk Semi Listrik setelah pengumuman resmi.

Tetapi sebelum perusahaan dapat melakukan pengirimannya, Tesla dikendalikan oleh Renault yang telah mengirimkan Truk Pengiriman Listriknya ke Coca Cola. Berbicara tentang Tesla Semi Trucks, ditenagai oleh empat motor independen di as roda belakang, dapat mencapai 0-60mph hanya dalam 20 detik, dan memiliki jangkauan baterai sejauh 500 mil.


Harga truk ini mulai dari USD150.000 atau sekitar Rp2,3 miliar dan telah dipesan oleh nama besar lainnya seperti Walmart dan FedEx.

Truk-truk ini akan menampilkan arsitektur powertrain 1.000 volt baru bersama dengan kontrol traksi untuk mencegah jackknifing, pengereman regeneratif untuk meningkatkan efisiensi baterai, dan bahkan kopling otomatis untuk berkendara di jalan raya yang mulus.

Baru-baru ini, Musk menyatakan bahwa salah satu truk semi kelas 8 bertenaga baterai Tesla telah menyelesaikan perjalanan sejauh 500 mil dengan muatan penuh 81.000 pon kargo. Perjalanan itu dilakukan antara pabrik Tesla di Fremont, California, ke San Diego. (nano)


Topik Menarik