Perbedaan Motor MotoGP dan Superbike Versi Alvaro Bautista, Mana Lebih Sulit?

Perbedaan Motor MotoGP dan Superbike Versi Alvaro Bautista, Mana Lebih Sulit?

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 11:27
share

TALAVERA Alvaro Bautista sudah pernah merasakan bersaing di ajang MotoGP dan juga World Superbike (WSBK). Dia pun merasakan ada perbedaan motor di kedua ajang balap tersebut. Menurutnya, kuda besi di WSBK lebih sulit untuk dikendarai.

Seperti diketahui, Bautista berkarier di kelas MotoGP dalam periode 2010 hingga 2018. Dalam kurun waktu delapan tahun tersebut, dia mencicipi empat motor dari empat pabrikan yang berbeda, yakni Suzuki, Honda, Aprilia, dan Ducati.

Alvaro Bautista

Selepas itu, pembalap asal Spanyol tersebut memutuskan hijrah ke WSBK. Di ajang balap antarmotor komersil itu, dia akhirnya merengkuh gelar juara pada musim 2022 ini bersama Ducati.

Punya segudang pengalaman mentas di dua ajang berbeda, pembalap berusia 38 itu jelas sangat tahu perbedaan mengendarai motor di MotoGP dan WSBK. Menurutnya, kuda besi WSBK, yang merupakan motor yang dijual di pasaran, lebih sulit untuk dikendarai.

Sementara itu, motor prototipe yang digunakan di MotoGP dinilai Bautista lebih mudah ditunggangi. Sebab, motor di sana memang diperuntukkan untuk melaju kencang saat balapan.

Saya lebih lelah di Superbike daripada di MotoGP. Mungkin Superbike lebih lambat, tapi lebih banyak bergerak dan goyah, kata Bautista, dilansir dari Speedweek, Minggu (4/12/2022).

Anda memiliki banyak pekerjaan untuk mengendalikannya.Superbike adalah motor komersil yang harus bekerja dengan baik untuk pembalap yang cepat dan lambat, untuk jalan yang cepat dan lambat, atau untuk perjalanan ke tempat kerja, tambahnya.

Sebuah MotoGP dibangun untuk trek, itu saja.Itu adalah motor yang dibuat hanya untuk melaju kencang, tuturnya.

Alvaro Bautista

Sebagai informasi, Bautista meraih hasil terbaiknya di MotoGP pada musim 2012. Kala itu, dia berhasil finis di posisi lima klasemen akhir bersama Honda Gresini dengan koleksi 178 poin.

Sementara itu, kariernya di ajang WSBK memang lebih mentereng. Sebelum juara pada musim ini untuk pertama kalinya, dia mengamankan posisi runner-up dalam musim debutnya pada 2019.

Topik Menarik