Ajaib, Mobil Listrik ini Mengisi Baterai Tanpa Perlu Charging

Ajaib, Mobil Listrik ini Mengisi Baterai Tanpa Perlu Charging

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 07:06
share

GenPI.co - Mobil listrik Pasti perlu melalui proses charging agar bisa mengisi baterai . Namun kendaraan satu ini malah terisi saat dikendarai.

Mobil tersebut bernama Lightyear O, gagasan sebuah perusahaan asal Belanda.

Lightyear O bisa mengisi baterai sendiri tanpa perlu charging lantaran memiliki panel tenaga surya pada kap dan atapnya.

Tak main-main, daya yang dihasilkan oleh panel tersebut membuat mobil itu bisa melaju hingga 75 km.

Tanpa diisi ulang, kendaraan listrik ini bisa digunakan berbulan-bulan. Lightyear O, mobil bertenaga surya pertama di dunia, dirancang oleh pabrikan dengan ide seperti itu.

Konsep baru ini tampaknya cukup menarik di saat banyak produsen mobil listrik menambah jumlah baterai untuk meningkatkan jangkauan.

Lightyear menggunakan pendekatan yang berbeda, mencoba memanfaatkan energi matahari untuk memperluas jangkauannya sambil mengonsumsi lebih sedikit baterai.

Mobil yang bermanfaat ini dibuat oleh perusahaan yang sama yang menciptakan Porsche Boxter. Di Finlandia, produksi lot pertama sedang berlangsung.

"Memulai produksi Lightyear 0, mobil surya pertama, membawa kami selangkah lebih dekat ke misi mobilitas bersih kami untuk semua orang, di mana saja," Lex Hoefsloot, CEO dan salah satu pendiri Lightyear dalam sebuah rilis.

Perusahaan berharap dapat menghasilkan lima mobil per minggu pada akhir tahun 2023.

Melansir artikel yang diterbitkan di CNN pada bulan Juni tahun ini, perusahaan mengatakan mobil tersebut akan dapat berkendara sekitar 624 mil tanpa berhenti untuk mengisi ulang.

Lightyear O juga akan memiliki jangkauan tambahan hingga 75 km sehari dari panel surya.

Jarak jangkuan itu sedikit lebih dari Tesla Model 3 (602 km) dan jauh lebih banyak daripada Kia Niro Long Range (458 km).

Setiap jam di bawah sinar matahari akan menambah daya baterai hingga 9,6 km, menurut Lightyear.(*)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Topik Menarik