Operasi Zebra 2022 Dimulai, Ketahui Cara Kerja Tilang Elektronik

Operasi Zebra 2022 Dimulai, Ketahui Cara Kerja Tilang Elektronik

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 4 Oktober 2022 - 17:49
share

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Latif Usman dalam Operasi Zebra 2022 kali ini mengatakan akan mengedepankan sistem tilang elektronik atau E-TLE untuk menindak lanjuti pelanggaran lalu lintas. Cara kerja tilang elektronik itu disebut-sebut dapat mengefisiensikan hingga meningkatkan kelancaran, keamanan, ketertiban, serta keselamatan dalam berkendara.

Sebelumnya Operasi Zebra ini diketahui telah dilakukan di 33 Provinsi Indonesia, kecuali Bali oleh Kepolisian selama kurun waktu dua pekan kedepan. Operasi ini dilakukan dari tanggal 3 Oktober sampai dengan tanggal 16 Oktober 2022 guna meningkatkan kesadaran dan keselamatan masyarakat dalam berkendara.

"Metode penegakan hukum dilaksanakan baik secara elektronik melalui pantauan kamera CCTV yang tergelar di jalan menggunakan ETLE, tapi juga kami menggelar personil yang membawa secara mobile alat-alat teknologi, dengan kehadiran petugas di lapangan Ini juga dalam rangka mengedukasi, mengajak masyarakat untuk siap tidak melanggar lalu lintas demi keselamatan bersama," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi, dikutip dari Korlantas Polri, Selasa (4/10/2022).

Dalam Operasi Zebra yang diadakan Kepolisian kali ini akan mengedepankan sistem tilang elektronik atau E-TLE dimana bagi pengendara yang tak menaati dan tak mengenal aturan akan langsung ditindak lanjuti sebagai pelaku pelanggaran. Hal itu kemudian diperjelas oleh Dirlantas baru, Polda Metro Jaya, Latif Usman. Ia mengatakan, Jadi tilang ada upaya paling terakhir. Tapi kalau kena tilang elektronik, yaudah semua pelanggaran akan terkena. tapi kalau yang sifatnya masih manual, sangat paling terakhir. Kalau masih bisa diingatkan, diingatkan gitu loh, tidak harus dengan tilang.

Nah, untuk waswas diri dan menambah informasi, topik seputar cara kerja tilang elektronik pun ada baiknya jika diketahui. Melansir dari berbagai sumber, Selasa (4/10/2022) berikut cara kerja tilang elektronik yang dirangkum dari berbagai sumber.

BINT#4

Topik Menarik