Tesla Perkenalkan Robot Humanoid Bernama Optimus, Apa Saja Kelebihannya?

Tesla Perkenalkan Robot Humanoid Bernama Optimus, Apa Saja Kelebihannya?

Otomotif | BuddyKu | Sabtu, 1 Oktober 2022 - 12:28
share

Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk, Tesla resmi memperkenalkan robot humanoid buatannya yang diberi nama Optimus melalui acara Tesla AI Day 2022 di Palo Alto, California.

Dilansir dari Antara via Reuters , robot yang dibekali dengan segudang teknologi canggih itu memakan biaya produksi hingga 20.000 dolar AS atau setara Rp306 juta.

Meski begitu, Elon Musk mengaku masih akan menyempurnakan robot tersebut agar mampu melakukan aktivitas layaknya manusia pada umumnya.

"Masih banyak yang harus ditingkatkan untuk menyempurnakan Optimus," tegas Elon Musk.

Robot Tesla Optimus
Robot Tesla Humanoid bernama Optimus. (REUTERS)

Saat ini Optimus dinilai belum mampu memecahkan masalah sendiri dan membutuhkan pengembangan lebih lanjut untuk "otak"-nya. Elon meyakini Optimus mampu masuk ke dalam proses pembuatan massal dan di pasarkan di industri.

Dalam acara yang dihelat oleh Tesla, penonton disuguhkan dengan aksi dari robot Optimus yang mampu melakukan tugas-tugas sederhana seperti menyiram tanaman, membawa boks barang, hingga mengangkat potongan logam di stasiun produksi Pabrik Tesla di California.

Adapun langkah Tesla memamerkan Optimus sebenarnya bertujuan merekrut lebih banyak peneliti untuk mengembangkan kemampuan robot tersrbut.

Masih dalam acara yang sama, Elon Musk juga memamerkan pengembangan teknologi "self-driving" yang telah berkembang pesat bahkan bisa mengambil keputusan lebih cepat dalam skema-skema tertentu ketika kemudi diserahkan pada software itu.

Terkait hal tersebut, Elon Musk menyampaikan keinginannya agar Tesla bisa mencapai target mobil "self-driving" serta memproduksi massal taksi robot tanpa pengemudi di 2024.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik