Loading...
Loading…
IEMS 2022 Dibuka Secara Resmi Menhub, Pameran di Inisiasi BRIN dan Pabrik Motor

IEMS 2022 Dibuka Secara Resmi Menhub, Pameran di Inisiasi BRIN dan Pabrik Motor

Powered by BuddyKu
Otomotif | Republika | Kamis, 29 September 2022 - 07:22

ruzka.republika.co.id-- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi secara resmi membuka Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 yang bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Pameran yang di gelar mulai 28-30 September 2022 di inisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama pabrikan kendaraan bermotor.

"Saya apresiasi peneiliti dan pabrikan yang secara aktif melakukan kegiatan ini, artinya kita sudah maju pada tahapan kendaraan Electric Vehicle," kata Budi karya Sumadi dalam siaran pers yang diterima, Kamis (29/09/2022).

Penyelenggaraan IEMS untuk kali ketiga ini BRIN mengajak berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di bidang Autonomous Vehicle (AV) sesuai dengan tema yang diusung yaitu Strenghtening Autonomous Ecosystem.

IEMS merupakan upaya BRIN dalam rangka mendorong percepatan program kendaraan listrik nasional dimana IEMS 2022 merupakan pameran khusus ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik dengan menghadirkan berbagai inovasi teknologi kendaraan bermotor listrik, baik roda dua, roda empat, charging station, baterai kendaraan listrik, dan industry pendukung lainnya yang akan menjadi representasi pencapaian industri otomotif nasional.

Sebelumnya, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, IEMS 2022 merupakan ajang untuk mensosialisasikan tentang ekosistem kendaraan listrik, termasuk juga terkait peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

"IEMS 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan dari BRIN bersama stakeholders serta produsen kendaraan listrik di Indonesia dalam menginformasikan perkembangan berbagai inovasi terbaru kendaraan listrik di Indonesia," terang Handoko.

Pengembangan kendaraan listrik dilakukan untuk memenuhi Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 yang berfokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom, seperti sistem deteksi objek atau sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction dan computer vision.

Pengembangan kendaraan listrik di era sebelumnya difokuskan pada penguasaan teknologi komponen kunci, seperti motor listrik, baterai, control system atau power.

IEMS menjadi ajang untuk memperluas jaringan dengan periset KBLBB dan para pengambil keputusan. Para peserta dapat mengenal problematika penyimpanan energi dalam baterai dan proses pengolahan limbah, konversi kendaraan bensin menjadi listrik, pengembangan produk nondarat, serta produk berbasis teknologi hijau lainnya.

Yang mana hal tersebut akan juga berdampak pada keunikan pertumbuhan ekosistim industri pariwisata dan ekonomi kreatif, serta peran generasi muda dan perempuan. IEMS menjadi tempat terbaik untuk melihat perkembangan teknologi KBLBB.

IEMS 2022 didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Dewan Energi nasional (DEN), PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero).

Selain itu IEMS 2022 diikuti oleh 50 peserta antara lain PT Gading Putera Samudera (Moderntec), PT PLN (Persero), PT Volta Indonesia Semesta, PT Nissan Motor Distributor Indonesia, PT Qualis Indonesia, Ikatan Motor Indonesia (IMI).

PT SGMW Sales 3rtIndonesia (Wuling Motors), PT Indonesia Battery Corporation, PT Davigo Artha Luas, PT Dharma Polimetal Tbk, PT Astra Honda Motor, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, BASF, PT Exelly Elektrik Indonesia (Evcuzz), PT Artas Rakata Indonesia.

Lalu, PT Astra Otoparts Tbk, PT Selis Retail Indonesia, PT Terang Dunia Internusa (United E-Motor), PT EMS Technology, Elbike Garage, PT INKA (Persero), Phylion Battery, Kosmik, PT PLN, Arjuna UGM, Beelli.com (PT Mars Blokchain Teknologi), SMK 3 Mataram, Dyvolt Vehicle, PT Omni Cahaya Revolusi, PT Bando Indonesia, PT Tri Energi Berkarya, PT Bambang Djaja, Hongfa Lectroacoustic (Hongkong) Co., Ltd.

Kemudian, PT Powerindo Prima Perkasa, PT Quantel Indonesia, STP Otomotif ITS, PT Hioki Electric Instrument, PT International Chemical Industry (ABC Lithium), Garuda Mobility, PT Anugerah Nirmana, PT Senzo Fein Metal (ORBIT), PT Mobilindo Nusa Persada, PT EVCBU Internasional Universal, PT Braja Elektrik Motor, PT Energi Bethari Indonesia, UMG Idealab Indonesia, PT CIMB Niaga Auto Finance, dan Universitas Budi Luhur.

IEMS 2022 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan listrik dan komponen pendukungnya untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.Kegiatan ini juga sebagai wadah transaksi penjualan kendaraan listrik, sekaligus untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik di Indonesia tanpa harus membayar tiket masuk. (Rusdy Nurdiansyah)

Original Source

Topik Menarik