Spesifikasi Desmosedici GP22, Motor Ducati Andalan Francesco Bagnaia di Tahun 2022

Spesifikasi Desmosedici GP22, Motor Ducati Andalan Francesco Bagnaia di Tahun 2022

Otomotif | BuddyKu | Senin, 26 September 2022 - 17:12
share

Tim Ducati Lenovo di MotoGP Jepang 2022 kemarin, Minggu (25/9/2022) harus menerima kenyataan salah satu ridernya Francesco Bagnaia harus jatuh tersungkur dan gagal finish di lap terakhir.

Pembalap dari Ducati Lenovo ini kehilangan grip di tikungan ke 7 saat ingin menyalip Fabio Quartararo. Kegagalan ini membuat Bagnaia menjaga poin dan semakin tertinggal dari Quartararo yang merajai puncak klasemen MotoGP 2022. Menurutnya insiden ini terjadi karena ban depan motor yang dikendarai Bagnaia terlalu panas, sehingga dia gagal melakukan pengereman yang keras. Sementara itu partnernya Jack Miller melaju naik podium kemenangan MotoGP 2022 dengan perolehan waktu 42 menit 29 detik selama 24 putaran.

Tahun ini Ducati Lenovo mempersenjatai dua pembalap mereka dengan motor terbarunya. Melansir dari laman resmi ducati.com motor yang dibawa untuk ajang MotoGP 2022 ini diberi nama Desmosedici GP22, yang merupakan prototipe pengembangan dari seri sebelumnya GP21.

Desmosedici GP22 ini tidak terlalu membawa banyak perubahan, tim teknisi Ducati sendiri rasanya juga tidak ingin terburu - buru mengembangkan motor super cepat mereka agar bisa merajai musim ini. Dari yang terlihat saat tes pramusim MotoGP 2022 di Sepang, Malaysia. Baik Miller maupun Bagnaia terlihat tidak terlalu memaksakan motornya agar seluruh potensinya muncul.

Spesifikasi Ducati Desmosedici GP22

Motor monster ini ditenagai dengan mesin 4 tak, 90 V4 yang dilengkapi dengan pendingin cair. Penggerak katup DOHC Desmodromic double overhead camshaft yang memiliki 4 katup per silinder.

Motor ini memiliki kapasitas 1000cc dengan tenaga maksimal kurang lebih 250 hp yang mampu melesat dengan kecepatan tertingginya di 350 km/jam. Ducati mempersenjatai GP22 dengan sistem transmisi yang disebut dengan Ducati Seamless.

GP22 menggunakan sistem pembakaran Injeksi elektronik tidak langsung, dengan katup butterfly yang dikontrol melalui Ride By Wire ganda. Bahan bakarnya memakai Shell Racing V-Power dengan pelumas Shell Advance Ultra 4.

Desmosedici GP 22 memiliki berat 157 Kg jika tidak menghitung berat pembalap serta bahan bakarnya, dibangung menggunakan rangka berjenis twin spar berbahan aluminium alloy. Sistem suspensi menggunakan produk dari Ohlins bagian depan garpu serta belakang monoshock, menyertakan kompresi hidrolik didalamnya.

Motor ini menggunakan pelek dari Marchesini dengan bahan magnesium alloy, serta ban dari Michelin dengan ukuran 17 inchi. Sistem pengereman memakai Brembo dengan cakram depan ganda diameter 34 cm, serta rem belakang menggunakan cakram tunggal. GP22 juga sudah dilengkapi ECU Magneti Marelli Dorna.

Demikian spesifikasi motor yang dikendarai Francesco Bagnaia dan Jack Miller pada musim 2022 ini, jika menilik dari spek yang diberikan sepertinya motor ini memanglah monster yang mengerikan jika dikeluarkan semua potensinya secara maksimal. Tentu butuh pembalap yang baik juga agar bisa menjinakan monster sebesar ini.

Topik Menarik