Review ‘Avatar’ Back in Cinema: Kece! Visual 4K, HDR dan 3D Jadi Paket Nonton yang Lengkap

Review ‘Avatar’ Back in Cinema: Kece! Visual 4K, HDR dan 3D Jadi Paket Nonton yang Lengkap

Otomotif | BuddyKu | Senin, 26 September 2022 - 16:19
share

Masih inget film Avatar karya sutradara ternama James Cameron 13 tahun lalu? Kala itu, film ini berhasil masuk ke sembilan nominasi Academy Awards dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk kategori Sinematografi Terbaik, Desain Produksi, dan Efek Visual di ajang Piala Oscar dan Film Terbaik di penghargaan Golden Globe.

Bernostalgia cerita Avatar pertama

Sebelum melanjutkan ke sekuel yang kedua, James Cameron mengajak kamu untuk bernostalgia dengan cerita pertama \'Avatar\' yang dikemas dengan visual lebih baik, sehingga penonton bisa lebih menikmatinya.

avatar
Poster film Avatar (Disney Indonesia)

Coba bayangin nonton Avatar dengan suguhan versi 4K, High Dynamic Range, dan 3D di bioskop! Bukan cuma dimanjakan dengan visualnya, tapi kamu juga akan merasakan petualangan jadi bagian dari penduduk Pandora.

Seperti yang kita tahu sejak rilis filmnya pada 2009 lalu, Avatar membawa angin segar di kancah perfilman Hollywood. Baik dari sisi sinematografi, efek visual, jalan cerita, hingga teknologi lain yang digunakan untuk menyempurnakan film ini.

Jadi enggak salah, kalau film ini jadi pionir film-film blockbuster selanjutnya di era modern ini.

avatar
Poster film Avatar (Disney Indonesia)

Flashback sedikit, Avatar ini memang punya cerita fantasi petualangan yang cukup unik. Dimana saat itu, penonton dibawa ke dunia masa depan sekitar tahun 2154 dimana kondisi bumi yang enggak cukup baik. Makanya, ada sebuah organisasi manusia dan ilmuwan yang bernama Resources Development Administration (RDA) melakukan penelitian di sebuah planet bernama Pandora untuk menambang mineral langka di sana.

Namun, karena atmosfer di sana mangandung racun bagi manusia akhirnya terciptalah program Avatar, dimana manusia menjadi driver dengan cara menyambungkan kesadaran mereka ke tubuh biologis berbentuk makhluk biru tinggi besar yang dikendalikan dari jarak jauh.

avatar
Avatar back in cinema (Disney Indonesia)

Avatar ini adalah hasil rekayasa genetik dari DNA manusia dan penduduk asli Pandora, yang disebut NaVi. Jake Sully (Sam Worthington), Dr. Grace (Sigourney Weaver), dan Norm (Joel David Moore) menjadi perwakilan yang ditugaskan untuk mempelajari habitat ras NaVi supaya pada akhirnya mereka bisa melakukan negosiasi agar alien tersebut mau menyerahkan tempat mereka.

avatar
Avatar (Disney Indonesia)

Awalnya semua berjalan sesuai rencana, sampai akhirnya kekacauan terjadi ketika RDA bertekad untuk mengeksploitasi dan menghancurkan secara massal rumah leluhur bangsa NaVi yang sudah ada sejak 10.000 tahun lalu.

Jake Sully pun akhirnya harus menghadapi situasi sulit dimana ia harus melawan rakyatnya sendiri dan berjuang bersama dengan bangsa NaVi untuk mempertahankan rumah mereka.

Sinematografi terbaik, manjakan mata

Demi menyuguhkan visual dan petualangan fantasi yang sempurna, sutradara James Cameron menggunakan teknologi motion graphic dan image-based facial performance capture , dimana para aktor menggunakan alat-alat dan kamera di tubuh mereka untuk menangkap emosi dan ekspresi yang nantinya akan melalui proses digitalisasi dan ditampilan melalui karakter bangsa NaVi.

avatar
Visualnya memanjakan mata (Disney Indonesia)

Terbukti, film yang dibintangi Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Michelle Rodriguez, dan Sigourney Weaver ini mampu mencetak sejarah pertama kalinya dengan memenangkan kategori Sinematografi Terbaik dalam ajang Piala Oscar dengan sinematografer kamera digital 3D.

avatar
Avatar back in cinema (Disney Indonesia)

Perilisan kembali Avatar di bioskop yang terbatas cuma sampai 29 September ini, diharapkan bukan cuma memberikan nostalgia kepada penonton lama tapi sekaligus memperkenalkan film ini bagi yang belum pernah menontonnya.

Dalam perilisan ini, juga ditayangkan sedikit cuplikan mengenai sekuel film Avatar: The Way of Water yang rencananya akan ditayangkan pada akhir 2022. Tentunya, dengan menggunakan teknologi 3D dan efek visual yang semakin berkembang dan enggak kalah canggih dari yang pertama.

avatar
Teknologi 3D yang gak kalah kece dari yang pertama (Disney Indonesia)

Apalagi, disebutkan saat pengambilan gambar di bawah air memerlukan 15 camera shot yang enggak gampang. Dan, sekuel ini juga digadang-gadang sebagai film tersulit yang pernah dibuat.

avatar
Avatar (Disney Indonesia)

Wah, makin gak sabar ya untuk nonton kelanjutan film ini. Pastinya, akan ada pengembangan karakter, konflik, dan petualangan yang lebih seru dibandingkan dengan film pertamanya.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Topik Menarik