Supaya Tagihan Listrik Nggak Jebol Kementerian ESDM Beli AC Yang Banyak Bintang

Supaya Tagihan Listrik Nggak Jebol Kementerian ESDM Beli AC Yang Banyak Bintang

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 25 September 2022 - 08:14
share

Budaya ramah lingkungan semakin digencarkan Pemerintah. Tak hanya urusan emisi kendaraan dan sampah plastik. Juga sampai ke penggunaan air conditioner alias AC.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong masyarakat membeli AC yang ramah lingkungan.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi energi (EBTKE) Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi menjelaskan, AC yang hemat energi dan ramah lingkungan semakin banyak di pasaran. Tingkat kualitasnya dapat dilihat dari jumlah bintangnya, mulai dari satu sampai lima.

Semakin banyak jumlah bintangnya maka AC tersebut sangat baik, karena semakin efisien, ujarnya, di sela-sela Pameran Refrigeration & HVAC ( Heating Ventilating and Air Conditioning ) terbesar yang digelar di Jiexpo, Jakarta, kemarin.

Manfaat penggunaan AC yang hemat energi sebetulnya sudah lama disosialisasikan oleh Pemerintah maupun produsen. Sekarang makin di gencarkan agar masyarakat paham dan terdorong memilih AC yang berkualitas dan hemat energi.

Menurutnya, manfaat yang paling dirasakan konsumen ketika membeli AC hemat energi dengan banyak tanda bintang, yakni tagihan listrik lebih rendah. Berbeda ketika membeli AC biasa yang memiliki bintang dua atau hanya satu.

Pilihlah dan belilah AC yang punya tanda banyak bintangnya, tegas Hendra, mengingatkan. Dia juga menjelaskan, manfaat AC berbintang lima selain menekan tagihan listrik, juga ramah lingkungan. Jadi, bisa mengurangi emisi gas rumah kaca di bumi.

Selama masih banyak orang menggunakan AC yang tidak ramah lingkungan, maka memicu efek rumah kaca berlebihan.

akibatnya, akan terjadi pemanasan global. Suhu di bumi naik signifikan, ditandai antara lain, mencairnya es di kutub, rusaknya ekosistem, naiknya ketinggian permukaan air laut, dan perubahan iklim yang ekstrem.

Jika banyak rumah tangga mampu mengurangi emisi gas rumah kaca 1 kilowatthour (kwh) dengan menggunakan AC berbintang lima, maka dampaknya akan terasa.

Satu rumah tangga kalau menurunkan 1 kwh mereka menyumbangkan dan mengurangi 850 gram karbon, tuturnya.

Dia mengungkapkan, Kementerian ESDM akan melakukan review setiap tahun untuk mengecek AC berbintang. Bahkan Standar Kinerja Minimum (SKEM) juga akan semakin diperketat.

Dengan begitu, produk-produk yang beredar di pasaran, baik itu produk impor dan lokal, dituntut mengedepankan kualitas sehingga efisiensinya semakin meningkat.

Dia menegaskan, tanda label bintang hemat energi dan SKEM ini dibuat bukan untuk menghambat produsen dalam negeri untuk maju. Justru malah memacu karena konsumen akan membeli AC yang banyak bintangnya.

Dia juga mengapresiasi acara RHVAC 2022. Pameran tersebut dianggap memberujan edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

General Manager PT Pelita Promo Internusa selaku penyelenggara RHVAC 2022 Sofianto Widjaja mengatakan, pameran ini mengakomodir berbagai stakeholder . Ada beragam teknologi terbaru yang dikenalkan.

Kegiatan ini mendukung Pemerintah melakukan sosialisasi kebijakan dan terus memberikan kualitas pameran yang terbaik, tuturnya.

RHVAC 2022 mempertemukan lebih dari 100 perusahaan 12 negara. Yakni, Indonesia, Jerman, India, Vietnam, China, Taiwan, UAE, Turki, Finlandia, Korea, Singapura dan Malaysia.

Beberapa perusahaan besar yang hadir, antara lain Panasonic, Gree, Bitzer, Mayekawa, AAF, Sakura Filter, Wilo Pumps, Aicool, KFlex dan lainnya.

President ASHRAE Chapter Indonesia Herlin Herlianika mengatakan, pameran ini ikut memberikan edukasi kepada masyarakat.

Tren industri RHVAC dunia masih fokus menciptakan teknologi untuk menghemat penggunaan konsumsi energi dan ramah lingkungan.

Saat ini, konsumen ingin menggunakan teknologi terkini namun hemat listrik. trennya mengarah ke hemat energi dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, tuturnya.

Pameran RHVAC 2022 bertema Energizing Refrigeration, HVAC & Energy Efficient Industry in Indonesia ini berlangsung di Jiexpo Kemayoran sejak 21-23 September 2022.

Saat penutupan acara, tampak berbondong-bondong masyarakat memilih AC dan ikut berbagai kegiatan seminar. Selain memamerkan teknologi dan produk-produk terkini, RHVAC 2022 juga disemarakkan dengan menghadirkan berbagai konferensi, seminar dan acara oleh asosiasi dan para peserta pameran.

Acara diharapkan bisa menjawab isu-isu penting yang mempengaruhi pasar HVACR dalam negeri.

Topik Menarik