Kenali 7 Tips Merawat Vespa Tua Agar Tetap Prima

Kenali 7 Tips Merawat Vespa Tua Agar Tetap Prima

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 18 September 2022 - 08:37
share

MERAWAT kendaraan bermotor, terutama yang usianya sudah terbilang tua, menjadi kewajiban pada pemiliknya. Khususnya Vespa klasik yang membutuhkan sedikit perawatan istimewa agar tetap tampil prima.

Ini dilakukan untuk mencegah potensi kerusakan yang dapat terjadi sewaktu-waktu, mengingat seluruh perangkatnya sudah usang. Terlebih, motor Vespa memiliki mekanisme sistem yang berbeda dibandingkan motor lainnya.

Pemilik Casa Da Vespa yang juga penggagas Vespa Club Indonesia (VCI) Benyamin Aris Nugroho menegaskan perawatan Vespa tua tidak rumit. Tapi, perawatan harus dilakukan secara berkala agar motor Vespa tidak rewel.

Kalau mendapatkan Vespa yang bagus, hanya perlu perawatan rutin. Tidak sulit perawatannya, sama seperti motor yang ada saat ini, kata pria yang akrab di sapa Om Ben itu kepada MNC Portal Indonesia .

Bagaimanapun, ada cara khusus dalam merawat Vespa tua agar tetap berada dalam kondisi prima. Berikut tips yang seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Cek Bahan Bakar

Motor Vespa tua yang tidak digunakan dalam waktu lama akan menimbulkan kerak pada tangki bahan bakar yang bisa menyumbat saluran ke sistem pembakaran. Cara terbaik adalah menguras bensin jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu satu bulan.

Ilustrasi

Untuk mencegah munculnya kerak pada tangki bahan bakar, maka perlu diisi dengan bahan bakar dengan oktan tinggi. Tetapi, jika sudah terlalu mengendap di tangki, maka pengurasan juga perlu dilakukan.

2. Oli Samping Berkualitas

Vespa klasik masih menggunakan mesin dua tak yang membutuhkan oli samping untuk proses pembakaran. Untuk itu, pemilihan oli samping juga perlu diperhatikan agar mesin tetap dalam kondisi prima dan tidak menimbulkan kerak.

Penggunaan oli samping juga perlu diperhatikan gar tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Ini memungkinkan mesin bekerja dengan maksimal dan tak banyak bahan aditif yang mengendap.

3. Mengecek Busi Secara Rutin

Busi menjadi komponen terpenting pada Vespa yang menjadi sumber pengapian untuk proses pembakaran pada mesin. Busi pada Vespa tua atau klasik sering berkerak yang membuat motor akan sulit dihidupkan.

Disarankan setiap pekan busi selalu dicek dan dibersihkan dengan amplas. Ini memungkinkan motor Vespa tua memiliki pengapian yang bagus sehingga dapat dengan mudah dihidupkan.

4. Rutin Mengecek Karburator

Menerapkan pemeriksaan rutin pada karburator menjadi hal yang wajib untuk merawat Vespa tua agar tetap tampil prima. Ini juga merupakan komponen yang kerap alami masalah, yang biasanya terjadi penyumbatan.

Untuk memeriksa karburator dan membersihkannya juga cukup mudah. Karburator hanya perlu dicuci dengan bensin atau cairan pembersih karbu, terutama pada saluran-saluran bensin agar tidak ada penyumbatan.

5. Mengganti Oli

Mengganti oli mesin juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam merawat motor Vespa tua. Meski motor tidak sering digunakan, penggantian secara berkala harus dilakukan untuk memastikan oli melumasi komponen mesin dengan baik.

Motor Vespa tua juga disarankan untuk dihidupkan untuk memanaskan mesin untuk mencegah oli mengendap. Jika sudah terjadi seperti itu, satu-satunya cara adalah mengganti oli mesin.

6. Memeriksa Saluran Bensin

Saluran bahan bakar atau bensin juga menjadi komponen yang perlu diperhatikan untuk memastikan Vespa tua dalam kondisi prima. Kotoran dan kerak yang terdapat pada bahan bakar dapat mengendap di saluran besin yang dapat menimbulkan penyumbatan.

Hal ini bisa dilakukan satu bulan sekali dengan cara mencucinya dengan bensin dan meniup untuk memastikan aliran bensin tidak tersumbat. Jika kotoran atau kerak tidak sulit dibersihkan, maka disarankan untuk melakukan penggantian.

7. Rutin Servis ke Bengkel Khusus Vespa Klasik

Ini merupakan cara terbaik untuk memastikan kondisi Vespa tua atau klasik tetap prima. Melakukan servis rutin di bengkel khusus dapat meminimalisir kejadian tak terduga karena motor akan tetap berada di kondisi yang baik.

Servis rutin juga bisa mengetahui penyebab awal kerusakan dan dapat langsung dilakukan tindakan perbaikan untuk mengatasi potensi kerusakan. Ini akan menurunkan kekhawatiran pengendara Vespa tua saat sedang berkendara.

Topik Menarik