3 Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Menyentuh Hati

3 Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Menyentuh Hati

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 10 Agustus 2022 - 16:13
share

JAKARTA, iNews.id - Pidato perpisahan kelas 6 banyak dibacakan saat upacara perpisahan. Berikut referensi pidato perpisahan kelas 6 pendek yang bisa menyentuh hati setiap pendengarnya.

Apa Saja Hal yang Harus Diperhatikan saat Menyusun Teks Pidato?

Dalam membuat pidato perpisahan kelas 6, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti dikutip dari buku \'Modul Bahasa Indonesia SD\' karya Agus Sasono

1. Menentukan tema atau pokok pembicaraan

2. Mendaftar pokok-pokok yang akan disampaikan pada saat pidato

3. Menyusun kerangka pidato yang terdiri atas, sebagai berikut

-Pendahuluan: salam pembuka, penghormatan, ucapan syukur kepada tuhan, ucapan terima kasih
-Isi: memberikan informasi, memberikan alasan, memberikan hiburan, memberikan pengaruh
-Penutup: simpulan, permintaan maaf, salam penutup, menyusun naskah pidato dengan mengembangkan kerangka pidato

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya, kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah pada hari ini.

Para hadirin yang saya hormati, izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka acara perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar di sekolah ini. Bapak dan Ibu Guru sudah mengajar kami dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah Bapak dan Ibu Guru semua, kami pun dapat lulus dari SD ini. Mudah-mudahan, semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu.

Untuk teman-teman semua, sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian karena kita sudah bersama-sama selama enam tahun ini. Saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMP, MTs, ataupun lembaga pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru serta sukses selalu untuk teman-teman. Doa saya menyertai teman-teman semua.. Amin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya, kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah pada hari ini. Para hadirin yang saya hormati, izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka acara perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar di sekolah ini. Bapak dan Ibu Guru sudah mengajar kami dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah Bapak dan Ibu Guru semua, kami pun dapat lulus dari SD ini.

Mudah-mudahan, semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu. Untuk teman-teman semua, sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian karena kita sudah bersama-sama selama enam tahun ini.

Saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMP, MTs, ataupun lembaga pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru serta sukses selalu untuk teman-teman. Doa saya menyertai teman-teman semua. Aamiin Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalamualaikum Wr Wb

Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita ucapkan syukur Alhamdulillah kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Berkat rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, acara perpisahan dengan kakak-kakak kelas enam dapat terselenggara dengan sukses.

Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada seluruh kakak kelas enam yang tetap menjaga nama baik sekolah kita tercinta ini. Semoga amal baik kakak-kakak senantiasa dibalas oleh Tuhan Yang Maha Pengasih. Amin!

Kakak-kakakku yang telah lulus. Sungguh berbahagia kami yang akan kalian tinggalkan ini mendengar kakak-kakak telah lulus ujian. Namun, kegembiraan ini tidak boleh menenggelamkan konsentrasi kami. Masih banyak yang harus kami kerjakan sepeninggal kakak-kakak nanti.

Demikian halnya dengan kakak-kakak, jangan terlalu larut dalam kegembiraan. Cepatlah mengatur masa depan karena masih banyak cita-cita yang harus diraih. Untuk itu, kami doakan semoga kakak-kakak nanti tetap diberi sukses oleh Tuhan Yang Mahakuasa di mana pun kakak berada.

Sebaliknya, semoga kami diberi kekuatan melaksanakan keteladanan yang telah kakak-kakak ciptakan di sekolah tercinta ini. Semoga kami mampu melangkah seperti halnya kakak-kakak. Bahkan, kami mohon doa restu dari kakak-kakak sekalian agar kami dapat bekerja dan belajar di sekolah ini lebih baik lagi.

Akhirnya, kai mohon maaf atas segala perbuatan kekhilafan yang pernah kami perbuat. Selamat jalan kakak-kakakku, semoga sukses dan lebih baik lagi di tempat baru nanti.

Terima kasih, Assalamualaikum Wr Wb.

Semoga contoh pidato perpisahan kelas 6 yang mengharukan di atas bisa menambah wawasan kita dalam menyusun teks pidato ya!

Topik Menarik