Jelang GIIAS 2022, Ini Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Membeli Mobil

Jelang GIIAS 2022, Ini Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Membeli Mobil

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 10 Agustus 2022 - 11:33
share

IDXChannel Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Apalagi, Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 akan segera digelar pada 11-21 Agustus 2022 di ICE - BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten.

Pameran otomotif yang diselenggarakan secara tahunan ini akan menghadirkan puluhan merek kendaraan, mulai dari kendaraan penumpang, kendaraan komersial, karoseri, hingga motor. Selain itu, lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga akan hadir dalam ajang GIIAS 2022 ini.

Bagi Anda pecinta otomotif, pameran ini tentu akan semakin meningkatkan minat Anda untuk membeli mobil. Namun, Anda tetap harus memahami beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil seperti berikut ini. Apa saja? Yuk, simak!

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Membeli Mobil

1. Mempertimbangkan Harga dan Biaya yang Dikeluarkan

Hal yang paling utama harus Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil adalah harga dan biaya yang harus Anda keluarkan. Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan tujuan Anda dalam membeli mobil. Anda bisa mulai membandingkan harga mobil dari satu merek dengan merek lainnya. Anda perlu mencari tahu harga mobil yang ingin Anda beli terlebih dulu dengan membandingkan harganya di beberapa dealer.

2. Mempertimbangkan Merek

Selain harga, Anda juga perlu mempertimbangkan merek mobil yang ingin Anda beli. Dalam pameran GIIAS 2022 ini nantinya akan ada puluhan merek kendaraan yang dihadirkan. Anda bisa mulai mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing merek kendaraan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kendaraan Anda.

3. Mempertimbangkan Keiritan dari Bahan Bakar

Hal tidak kalah penting lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil adalah mempertimbangkan keiritan bahan bakar mobil tersebut. Sebab, biaya bahan bakar bisa mencapai 18-25% dari total pengeluaran untuk mobil itu sendiri. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memilih mobil yang irit bahan bakar agar Anda bisa meminimalisasi bujet untuk kendaraan Anda.

4. Mempertimbangkan Kemampuan dari Mesin Mobil

Pertimbangan sebelum membeli mobil lainnya adalah melihat kapasitas dan kemampuan mesin mobil. Anda perlu memahami bahwa jika Anda memilih mobil berkecepatan tinggi, Anda bisa memilih mobil dengan CC (centimeter cubic) yang tinggi pula. Meski demikian, semakin tinggi CC mobil maka akan semakin boros juga bahan bakar yang dibutuhkan.

5. Mempertimbangkan Kemudahan Mencari Spare Part

Anda juga perlu mempertimbangkan kemudahan dalam mencari spare part mobil yang ingin Anda beli sebelum membelinya. Sebab, seringkali ada beberapa merek dan jenis mobil yang spare partnya sulit untuk dicari di Indonesia.

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Anda juga perlu mempertimbangkan anggaran bulanan yang harus dipersiapkan sebelum membeli mobil. Sebab, pasti akan ada pengeluaran tambahan untuk mobil baik bahan bakar maupun biaya perawatan bulanannya.

Topik Menarik