Loading...
Loading…
Perbandingan Harga dan Fitur Varian Termurah Stargazer, Xpander, Avanza, Ertiga dan Xenia

Perbandingan Harga dan Fitur Varian Termurah Stargazer, Xpander, Avanza, Ertiga dan Xenia

Powered by BuddyKu
Otomotif | Sindonews | Rabu, 10 Agustus 2022 - 06:13

JAKARTA Yuk komparasi harga dan fitur varian termurah mobil Low MPV yang tengah hits seperti Hyundai Stargazer , Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. Sesuai namanya, varian termurah atau entry level, memang akan ada banyak hal yang tidak diberikan di mobil-mobil itu.

Tentu saja hal itu terjadi karena varian entry level memang menyasar konsumen yang berbeda. Umumnya juga konsumen varian entry level kebanyakan adalah fleet atau perusahaan yang ingin menjadikan mobil itu sebagai armada bisnis.

Di sisi masyarakat saat ini memang lebih memilih varian termahal atau flasghip. Umumnya terjadi karena hampir sebagian besar pembelian berjalan dengan skema kredit. Jadi buat apa beli yang paling murah, lebih baik yang mahal sekalian.

Namun, masih ada juga konsumen yang realistis karena dana yang tersedia memang hanya bisa untuk membawa pulang varian termurah. Nah, daripada bingung yuk cermati harga dan fitur-fitur dari varian termurah Low MPV yang ada di pasar saat ini:

1. Toyota Avanza 1.3 E/MT - Harga Rp233,1 juta

Toyota Avanza dipasarkan dalam 4 varian saja, dengan varian 1.3 E M/T sebagai varian termurah. Menyoal harganya, varian termurah itu dijual dengan harga Rp233,1 juta.

Pada bagian eksterior, perbedaan yang paling mencolok terletak pada hilangnya lampu kabut mobil. Kemudian penggunaan velg alloy dengan desain baling-baling yang memiliki ukuran 185/65 R15, berbeda dengan varian di atasnya yang menggunakan velg sporty berukuran 1-inci lebih besar.

Kemudian pada atap mobil, penggunaan antena juga masih menggunakan model short pole, bukan shark fin.Untuk kaca spion juga tidak retractable atau masih harus ditarik secara manual. Penggunaan lampu henti pada bagian jendela belakang pun absen.

Beranjak ke bagian dalam mobil, Avanza varian termurah memang terlihat sangat polos tetapi sudah dilengkapi dengan head unit berukuran 7-inci, long sofa mode pada baris kedua dan ketiga.

Bicara fitur keselamatan, Avanza varian termurah sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dual airbags, dan seatbelt warning.

Fitur keselamatan canggih lainnya, seperti Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC) juga sudah disematkan. Namun, besensor parkir belakang absen dari Avanza varian termurah ini.

2. Mitsubishi Xpander GLS - Harga Rp253,4 Juta

Mitsubishi Xpander GLS MT adalah varian termurah di keluarga Mitsubishi Xpander. harganya saat ini adalah Rp253,4 juta dengan berbagai kelengkapan yang tentunya lebih minim dibanding keluarga Mitsubishi Xpander lainnya.

Misalnya lampu depan yang masih halogen. Bukan LED seperti yang lain. Antena mobil juga masih antena biasa bukan sirip hiu atau shark fin.

Menariknya meski jadi varian murah, Mitsubishi Xpander GLS MT memiliki palang kemudi tilt and telescopic. Jadi pengemudi bisa menyesuaikan posisi palang kemudi agar lebih nyaman dan aman.

Jok mobil seluruhnya juga terbuat dari kain. Begitu tuas rem tangan yang masih konvensional. Panel AC juga masih konvensional karena diputar.

Menariknya dari sisi fitur keamanan varian termurah ini cukup menjanjikan. Beberapa fitur yang ada adalah ABS, EBD dengan BA, Airbags ganda, Active Stability Control, Hill Start Assist, dan Immobilizer agar mobil tidak tercuri.

Yang tidak ada hanyalah kamera mundur dan sensor parkir belakang. Kunci mobil juga masih konvensional.

3. Suzuki Ertiga GA MT - Harga Rp225,1 Juta

Suzuki Ertiga GA MT atau transmisi manual merupakan varian termurah dibanding keluarga Ertiga lainnya, baik itu Ertiga maupun Ertiga Hybrid.

Velg mobil ini masih menggunakan velg kaleng yang membuatnya jadi berbeda dengan Low MPV entry level lainnya. Ukuran ban juga berbeda yakni 15 inci.

Grillenya juga berbeda karena lebih mengedepankan elemen hitam dan krom di logo Suzuki.

Lampu utama sudah projektor, sedangkan lampu sein masih bohlam dan tidak dilengkapi fog lamp. Lampu belakang dan lampu remnya juga bohlam atau halogen.

Untuk antena menggunakan model lawas. Spion mobil justru tampil unik karena hadir dengan warna piano black. Selain itu mobil ini jug atidak dilengkapi dengan defogger.

Mobil ini juga tidak dilengkapi dengan sensor parkir belakang dan kamera mudnur.

Di bagian interior, jok mobil menggunakan kain. Kunci mobil juga masih konvensional. Door trim didominasi beige dan sedikit elemen krem.

Dashboard mobil ini justru tetap sama dengan keluarga Suzuki Ertiga lainnya. Sayangnya mobil ini tidak dilengkapi dengan head unit.

4. Daihatsu All New Xenia 1.3 M MT - Rp216 Juta

Daihatsu All New Xenia 1.3 MT dengan harga Rp216 juta jadi yang paling beda dibanding kompetitor lainnya yang sekelas karena kapasitas mesin. Mobil ini masih menggunakan mesin empat silinder berkapasitas 1,3 liter.

Menariknya meski murah Daihatsu All New 1.3 M MT justru punya fitur yang lengkapi. Misalnya saja untuk fitur keamanan sudah ada ABS dan EBD, Dual Airbag, dan Emergency Stop Signal.

Selain itu lampu utama di depan dan belakang juga sudah LED. Kunci mobil juga sudah keyless yang membuatnya keren dibanding yang lain.

Hanya saja untuk fitur hiburan mobi ini masih menggunakan audo standar berukuran 7 inci. Jadi ada beberapa hal yang memang dipaksa untuk menyesuaikan harga.

5. Hyundai Stargazer Active MT - Rp243,3 Juta

Hyundai Stargazer Active merupakan varian termurah dari keluarga Hyundai Stargazer dengan harga Rp243,3 juta. Hanya saja dengan harga tersebut, tawaran yang diberikan cukup menarik.

Varian ini sudah mendapatkan lampu multifaceted reflector yang canggih. Selain itu terdapat layar sentuh 8 inci yang bisa terkoneksi dengan Bluetooth dan smartphone.

Sistem konektivitasnya juga canggih karena sudah bisa mengeksekusi perintah suara melalui Bluetooth. Pasalnya palang kemudinya sudah ada tombol audio dan Bluetooth.

Dari sisi keamanan mobil ini juga dilengkapi dengan dua Airbags dan immobilizer. Tentu saja sebagai varian termurah ada banyak kecanggihan di Hyundai Stargazer yang tidak ada di mobil ini yakni fitur Bluelink dan juga opsi captain seat.

(wsb)

Original Source

Topik Menarik