Emergency Respon Team Kalla Bekali Karyawan Ilmu Pertolongan Basarnas

Emergency Respon Team Kalla Bekali Karyawan Ilmu Pertolongan Basarnas

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 19:25
share

SULSELSATU.com, MAROS Program CSR Emergency Respon Team Kalla memberikan pelatihan Basarnas kepada 21 Karyawan Unit Bisnis Kalla di Kabupaten Maros. Pelatihan ini berlangsung mulai 39 Agustus 2022 kemarin.

Program pelatihan ini sebagai upaya penanggulangan bencana alam. Pelatihan ini disambut positif dan antusias oleh para peserta dan dianggap sebagai hal yang baru dan bisa menjadi pengalaman berharga.

Kegiatan ini sangat positif dan baik bagi kami karena ini merupakan pengalaman yang dibeberapa peserta itu merupaka hal yang baru bagi kami, ucap Fahrul Indra Reskita yang merupakan salah satu peserta.

Kata Fahrul, setelah mengikuti kegiatan Emergency Respon Team Kalla ini, KALLA bisa memiliki team emergency sendiri yang bisa membantu penanggulangan bencana alam maupun keadaan darurat lainnya.

Dengan kami diberi pelatihan ini ke depannya, KALLA sudah punya tim emergency khusus seperti bencana alam dan segala hal yang berkaitan dengan itu sehingga timtim inilah yang nantinya bisa turun ke lapangan, ucap Fahrul.

Sejauh ini peserta menerima materi dasar seperti substansi Basarnas, sejarah Basarnas, pelatihan pencarian pertolongan, pelatihan medis seperti pertolongan pertama pada korban, dan berbagai pelatihan kegawatdaruratan lainnya.

Materi yang sudah diberikan mulai dari hari pertama hingga ke 6 ini adalah materi seperti substansi Basarnas, sejarah Basarnas, pencarian pertolongan, dimana posisi teman-teman peserta pada saat terjadi bencana atau musibah kecelakaan. Emergency Respon Team KALLA nanti berperan sebagai apa posisinya? Jadi temanteman nanti akan masuk di potensi SAR statusnya nanti. Apabila temanteman dinyatakan lulus maka berhak menggunakan Privat Rescue, ujar Arman Aminuddin selaku Koordinator Instruktur.

Arman berharap setelah para peserta lulus mereka bisa mengaplikasikan ilmu dan apa yang telah mereka pelajari selama mengikuti pelatihan.

Harapan kami untuk peserta nantinya bisa mengambil bagian di seluruh wilayah tempat terjadinya kecelakaan atau bencana, jadi ada yang bisa diterjunkan. Pada saat ada emergency terutama teman-teman yang telah diberikan pelatihan ini, bisa mengaplikasikan atau minimal bisa memberikan pertolongan pertama apa memang membutuhkan. Itu yang sangat kami tekankan kepada para peserta ini, ujarnya.

Topik Menarik