Finis ke-14 di GP Inggris, Pol Espargaro Sebut Honda Tertinggal

Finis ke-14 di GP Inggris, Pol Espargaro Sebut Honda Tertinggal

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 15:13
share

SILVERSTONE Pol Espargaro hanya bisai finish di urutan ke-14 di GP Inggris. Pembalap Repsol Honda itu mengakui timnya masih tertinggal dengan pesaing lain yang motornya jauh lebih cepat.

Pada seri ke-12 MotoGP 2022 , Pol memang gagal masuk 10 besar. Tapi, itu dinilai sebagai pencapaian terbaik setelah melewati periode buruk.

Selama empat seri sebelumnya, Pol tidak bisa mendapat poin, yakni di GP Italia (ret), GP Katalan (17), GP Jerman (ret) dan GP Belanda (DNS).

Walau hanya meraih dua poin di sirkuit Silverstone, Pol mengaku senang dengan peningkatan yang dibuat motor RC213V 2022-nya dalam balapan MotoGP Inggris 2022.

Namun, pembalap asal Spanyol itu tidak menampik Honda masih tertinggal dari tim lain, yang jauh lebih berkembang di MotoGP musim ini.

Pol masih belum keluar dari permsalahan utama pada motor, yakni kecepatannya yang masih labil. Saat di GP Inggris, dia start dari posisi 18. Namun, sempat turun ke urutan 20 pada lap pertama.

Lewat perjuangan keras, Pol perlahan-lahan merangkak naik untuk memperbaiki posisinya. Pada akhirnya, dia pun finis di posisi 14, dengan selisih 0,2 detik dari Takaaki Nakagami (LCR Honda) yang berada tepat di depannya.

Kendati finis di posisi 14, Espargaro melihat pertanda baik dari peningkatan performa kuda besinya, terutama di bagian pengereman.

Kami tersandung karena kami tidak menghasilkan cengkeraman yang sama dengan yang lain dengan ban yang sama," jelas Pol, dilansir dari Speedweek.

"Kami tidak bisa mengeluh tentang ban, kami harus meningkatkan motor kami. Setidaknya kami mampu meningkatkan pengereman kami secara signifikan untuk balapan, yang membuat saya lebih bahagia, lanjutnya.

Pol menilai motornya punya kecepatan untuk finis di urutan 10 besar. Hanya saja gagal digapai karena masih kesulitan untuk menyalip.

"Kami memiliki ritme untuk posisi 6 hingga 8. Tetapi apa yang akan Anda lakukan ketika Anda berada di urutan ke-20 pada putaran pertama? kata Pol.

Pembalap berusia 31 tahun senang performa motornya mulai meningkat. Tapi, Pol tetap merasa Honda masih tertinggal dari tim lainnya yang berkembang lebih pesat pada musim ini.

Sebab, catatan waktu di GP Inggris sejatinya lebih baik dibanding musim lalu. Tetapi, itu hanya mampu membawanya finis di posisi 14. Artinya, motor pembalap lain lebih cepat darinya.

Saya finis ke-14 meski 5 detik lebih cepat dari tahun lalu. Kami membuktikan motornya lebih cepat dari tahun lalu. Tapi, tim yang lain meningkat lebih banyak daripada yang kami lakukan. Kami masih tertinggal, ujarnya.

Pol saat ini ada di posisi 17 klasemen sementara MotoGP 2022 dengan 42 poin. Sedangkan pembalap terbaik Honda di klasemen masih dipegang Marc Marquez, yang berselisih 18 poin. Padahal The Baby Alien sudah tak balapan sejak GP Italia 2022.

(mirz)

Topik Menarik