Puluhan Kendaraan di Tol Cipali Terdeteksi ODOL

Puluhan Kendaraan di Tol Cipali Terdeteksi ODOL

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 11:16
share

CIREBON Puluhan kendaraanyang melintasi ruas jalan Tol Cipali terdeteksi memiliki dimensi dan muatan yang berlebih atau Over Dimension & Over Load (ODOL). Hal itu terungkap saat ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) bersama dengan Polisi Jalan Raya (PJR) melakukan operasi penindakan kendaraan ODOL.

Deteksi kendaraan ODOL itu dilakukan dengan menggunakan teknologi Weight in Motion (WIM), yang dilaksanakan di Gerbang Tol Palimanan, Sabtu (8/8).

Sejak dipasangnya teknologi WIM pada Februari 2022 lalu, ASTRA Tol Cipali secara perdana melakukan operasi penindakan kendaraan ODOL dengan menggunakan WIM, mulai Senin (8/8/2022). Operasi tersebut akan dilakukan sampai dengan Rabu (10/8/2022).

Kegiatan itu merupakan salah satu bentuk dukungan ASTRA Tol Cipali terhadap kebijakan pemerintah untuk mewujudkan zero ODOL. Hal tersebut juga sebagai upaya mengurangi tingkat fatalitas yang terjadi di Tol Cipali.

Tercatat pada tahun 2021- 2022, data kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kendaraan kelebihan muatan di Tol Cipali sebesar 32 persen.

Tercatat 32 persen kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali diakibatkan oleh kendaraan yang memiliki muatan berlebih. Untuk itu, salah satu upaya kami untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan adalah dengan memasang alat timbang WIM yang berada di Gerbang Tol Palimanan, kata Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo.

Sri Mulyo menjelaskan, apabila ditemukan kendaraan golongan tiga sampai lima yang membawa muatan melebihi beban atau overload, maka akan langsung diberikan sanksi. Yakni, berupa penilangan oleh petugas PJR Tol Cipali.

Sementara itu, pada hari pertama operasi penindakan, Senin (8/8), total ada 34 kendaraan yang terjaring. Dari jumlah itu, kendaraan yang ternbukti over load ada 20 kendaraan. Sedangkan 14 kendaraan lainnya, merupakan kendaraan normal.

Sri Mulyo menambahkan, pperasi penindakan kendaraan ODOL itu akan dilakukan secara rutin bersama dengan PJR setiap bulan. Hal itu demi menjaga infrastruktur dan juga mempertahankan umur jalan di Tol Cipali serta menjaga ketertiban pengemudi untuk taat aturan muatan sehingga aman untuk berkendara.

Alat timbang Weight in Motion (WIM) yang dipasang di Gerbang Tol Palimanan tidak hanya bisa mendeteksi beban kendaraan dan jenis kendaraan saja, namun juga teknologi WIM ini juga dapat membaca nomor polisi kendaraan sehingga memudahkan pihak kepolisian dalam melakukan penindakan

Operasi penindakan dengan pemasangan alat timbang WIM tidak hanya sekedar memberikan sanksi kepada pengemudi dan juga penyedia kendaraan. Namun juga memberikan edukasi bahwa kendaraan yang melebihi muatan tidak hanya membahayakan kendaraan itu sendiri. Melainkan juga pengguna jalan lain. (Lilis Sri Handayani)

Topik Menarik