Kumpulan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat dan Strukturnya

Kumpulan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat dan Strukturnya

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 10:53
share

JAKARTA, iNews.id - Kumpulan contoh teks laporan hasil observasi singkat bisa menjadi referensi untuk kamu mengerjakan tugas bahasa Indonesia. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu dari hasil observasi atau pengamatan.

Apa Saja yang Bisa Dijadikan Teks Laporan Hasil Observasi?

Tujuan teks laporan hasil observasi ini dibuat adalah untuk mengatasi suatu masalah, mengambil suatu keputusan yang lebih efektif, menemukan teknik-teknik baru, mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah, serta mengadakan pengawasan dan perbaikan.

Dikutip dari buku Cara Cepat menguasai Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X,XI,XII karya Tomi Rianto, teks laporan hasil observasi memiliki struktur yang digunakan untuk membuat teks laporan hasil observasi yang baik dan benar, yaitu di antaranya sebagai berikut.

Kumpulan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Judul : Sampah

[ Klasifikasi Umum ]
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, hingga pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh alam maupun manusia.

[ Deskripsi Bagian ]
Berdasarkan sifatnya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan, yaitu sampah yang mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, daun - daun kering. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos.

Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah diuraikan, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik dapat didaur ulang melalui rumah industri untuk mengurangi jumlahnya.

Judul : Lingkungan Hidup

[ Klasifikasi Umum ]
Lingkungan adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya. Manusia harus sadar bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya.

[ Deskripsi Bagian ]
Lingkungan hidup dapat dibedakkan menjadi tiga, yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik) adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari atas makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya adalah lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Unsur fisik (abiotik) merupakan unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tidak hidup, seperti tanah, air, iklim, dan udara.

Judul : Pohon Kelapa

[ Klasifikasi Umum ]
Pohon kelapa adalah tanaman perkebunan yang banyak tumbuh di wilayah tropis. Tumbuhan ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas.

[ Deskripsi Bagian ]
Tanaman ini menghasilkan buah kelapa yang menjadi salah satu kesukaan sebagian besar orang. Pohon kelapa juga memiliki banyak kegunaan dan manfaat, mulai dari kesehatan tubuh hingga kecantikan, namun kelapa juga sering digunakan sebagai bahan olahan makanan. Kelapa sudah dikenal sejak 3.000 tahun lalu di daerah peradaban tertua di dunia, yaitu Filipina dan Sri Langka.

Judul : Pantai Anyer

[ Klasifikasi Umum ]
Anyer atau Anyar adalah wilayah yang terdapat banyak pantai yang landai dan tenang, bahkan saat ini wisatawan banyak berkunjung ke Pantai Anyer untuk mengisi libur akhir pekan.

[ Deskripsi Bagian ]
Pantai Anyer terletak sekitar 38 km dari pusat Kota Serang, Banten sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengunjungi Pantai Anyer ini. Pantai Anyer terkenal dengan pasir putihnya yang membentang sepanjang bibir laut. Banyak juga tempat penginapan di sekitar Pantai Anyer, dan dapat menyewa beberapa wahana air seperti speed boat, banana boat, dan lain sebagainya.

Judul : Bunga Mawar

[ Klasifikasi Umum ]
Mawar adalah salah satu jenis bunga yang merupakan tanaman hias yang hidup di daerah sejuk dan disukai oleh sebagian besar orang. Tanaman hias ini merupakan tanaman semak dari jenis genus Rosa.

[ Deskripsi Bagian ]
Tanaman mawar memiliki tinggi yang berukuran 2 - 5 meter dan ada lebih dari 100 spesies. Batang mawar berduri tajam, licin, dan halus. Mawar memiliki berbagai macam warna, seperti warna merah muda, merah, kuning, putih, biru, hingga hitam. Di bagian mahkota bunga, terdapat empat sampai lima helai daun mahkota.

Itulah beberapa kumpulan contoh teks laporan hasil observasi singkat yang dapat kamu pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk menjadi referensi kamu dalam belajar, semangat belajar.

Topik Menarik