Daftar Mobil yang Disuntik Mati di Indonesia Mulai 2022, Ada Punya Kalian?

Daftar Mobil yang Disuntik Mati di Indonesia Mulai 2022, Ada Punya Kalian?

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 07:45
share

apahabar.com, JAKARTA Sekarang banyak sekali bermunculan mobil-mobil baru di Indonesia. Apalagi sebentar lagi ada pameran GIIAS 2022 yang bakal menampilkan model-model mobil teranyar.

Semua para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif Tanah Air, berlomba-lomba unjuk mobil baru. Mulai dari segmen sedan, LCGC (Low Cost Green Car), MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle) hingga mobil listrik.

Namun tidak semua mobil punya kiprah ciamik di Tanah Air. Hingga Agustus 2022 ini, banyak model-model yang disuntik mati alias dihentikan penjualannya. Alasannya, karena permintaan pasar menurun drastis dan mereka tak bisa bersaing untuk membuat konsumen terpikat.

Nah, berikut daftar mobil yang disuntik mati di Indonesia tahun ini:

1. Mitsubishi Eclipse Cross

Eclipse Cross

Mitsubishi Eclipse Cross menjadi salah satu mobil yang disuntik mati mulai 2022. (Foto: dok. apahabar.com)

Dalam situs resmi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), penjualan mobil yang diluncurkan pada 2019 lalu itu, terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Salah satunya adalah kelangkaan chip semikonduktor.

Di awal kemunculannya, mobil tersebut telah terdistribusi 514 unit, lalu turun di tahun 2020 menjadi 243 unit. Bahkan sepanjang 2021 hanya terjual 172 unit. Dan akhirnya di tahun 2022, SUV kompak ini sudah tidak lagi diproduksi.

2. Honda Odyssey

honda odyssey

Honda Odyssey. (Foto: dok. ist.)

Selain Eclipse Cross, Honda Odyssey juga telah disuntik mati mulai 2022. Bahkan, sudah tidak ada di laman resmi Honda Indonesia. Pihak Honda memutuskan untuk tidak memindahkan produksi tersebut ke tempat lain.

Menurut data wholesales dari Gaikindo, Honda Odyssey terakhir kali didistribusi pada Januari, yaitu hanya sebanyak 5 unit, sisanya tidak ada pengiriman sama sekali. Dikabarkan pabrik tempat produksi juga telah ditutup.

Topik Menarik