Gunakan Teknologi WIM, Nopol Kendaraan ODOL di Tol Cipali Langsung Terekam

Gunakan Teknologi WIM, Nopol Kendaraan ODOL di Tol Cipali Langsung Terekam

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 07:13
share

CIREBON , iNews . id - Polisi Jalan Raya (PJR) tol Cipali dan ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) menggelar operasi penindakan kendaraan over dimension dan over load (ODOL) di gerbang tol Palimanan, Cirebon, Senin (8/8/2022). Puluhan kendaraan diketahui melakukan pelanggaran ODOL oleh teknologi Weight in Motion (WIM).

Teknologi WIM sendiri telah dipasang oleh Astra Tol Cipali pada Februari 2022 lalu. Namun baru melakukan operasi penindakan mulai dari hari Senin 8/8/2022 hingga Rabu, 10/8/2022.

Menurut General Manager Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, razia ini merupakan salah satu bentuk dukungan ASTRA Tol Cipali terhadap kebijakan Pemerintah akan zero ODOL dan juga dalam rangka upaya mengurangi tingkat fatalitas yang terjadi di Tol Cipali. Tercatat pada tahun 2021 - 2022 data laka yang disebabkan oleh kendaraan kelebihan muatan di Tol Cipali sebesar 32%.

Tercatat 32% kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali diakibatkan oleh kendaraan yang memiliki muatan berlebih. Sebagai pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan, salah satu upaya kami untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan pada fasilitas keselamatan dengan memasang alat timbang WIM yang berada di Gerbang Tol Palimanan, ujar Sri Mulyo.

Sri Mulyo menambahkan, penindakan tersebut dilakukan untuk kendaraan golongan 3-5 yang melakukan pelanggaran berupa muatan melebihi beban gandar atau overload dan akan langsung diberikan sanksi berupa penilangan oleh rekan-rekan PJR Tol Cipali.

Operasi penindakan kendaraan ODOL ini akan dilakukan secara rutin bersama dengan rekan-rekan PJR setiap bulan demi menjaga infrastruktur dan juga mempertahankan umur jalan di Tol Cipali serta menjaga ketertiban pengemudi untuk taat aturan muatan sehingga aman untuk berkendara, katanya.

Alat timbang Weight in Motion (WIM) yang dipasang di Gerbang Tol Palimanan tidak hanya bisa mendeteksi beban kendaraan dan jenis kendaraan saja, namun juga teknologi WIM ini juga dapat membaca nomor polisi kendaraan sehingga memudahkan pihak kepolisian dalam melakukan penindakan.

Operasi penindakan dengan pemasangan alat timbang WIM tidak hanya sekedar memberikan sanksi kepada pengemudi dan juga penyedia kendaraan namun juga memberikan edukasi bahwa kendaraan yang melebihi muatan tidak hanya membahayakan untuk kendaraan itu sendiri namun juga kepada pengguna jalan lain. Dan tentunya dapat menambah awareness bagi petugas PJR di Cipali.

Dengan terjalinnya sinergi antara ASTRA Tol Cipali dengan Kepolisian wilayah khususnya PJR Tol Cipali diharapkan angka fatalitas di Tol Cipali semakin berkurang sehingga memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Topik Menarik