China Sukses Uji Coba Mobil Otonom di Jalanan Paling Semrawut

China Sukses Uji Coba Mobil Otonom di Jalanan Paling Semrawut

Otomotif | BuddyKu | Senin, 8 Agustus 2022 - 09:52
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak rekaman yang menunjukkan hasil pengujian teknologi otonom di jalan umum. Video terbaru dari DeepRoute cukup mengesankan, menyoroti kecanggihan sistem Driver 2.0 Level 4.

Mobil prototipe tanpa pengemudi ini diuji di Kota Shenzhen, China, dalam kondisi lalu lintas padat. Video menunjukkan seberapa baik reaksi mobil terhadap skenario kehidupan nyata yang menantang.

Video menunjukkan perjalanan sejauh 14 mil di Jalan Central Business District, Shenzhen, diselesaikan dalam satu jam. Ini adalah tes tanpa pengemudi pertama yang disahkan di China, mengikuti peraturan baru tentang kendaraan terhubung cerdas yang diterapkan di Shenzhen pada 6 Juli 2022.

Perhatikan bahwa ini adalah kota terbesar keempat di China dengan populasi 17,5 juta orang dan jalanan sangat padat.

Sangat menarik menyaksikan teknologi otonom menangani situasi sulit dengan mobil yang berpindah jalur, pejalan kaki yang berjalan sangat dekat dengan lalu lintas, sepeda salah jalur, dan kendaraan melewati lampu merah.

Pengalaman keseluruhan cukup membuat frustrasi bagi pengemudi biasa. Tapi sistem otonom memiliki semua kesabaran di dunia serta selalu memaafkan perilaku ilegal dan berbahaya dari pengguna jalan lain.

Tetap saja, menjadi penumpang di mobil tanpa pengemudi ini pasti masih sulit bagi sebagian banyak orang, sampai belajar mempercayai komputer.

Tidak seperti sistem lain, perangkat keras dan perangkat lunak DeepRoute tampaknya bekerja bersama secara harmonis, memperlambat waktu bahkan sebagai tindakan pencegahan untuk melindungi kehidupan manusia dan menghindari tabrakan.

Teknologi otonom ini tidak hanya bereaksi terhadap lampu lalu lintas, rambu lalu lintas, dan lalu lintas satu jalur, tetapi mampu mengubah jalur dan berinteraksi dengan lingkungan secara dinamis. Bahkan l, ketika kendaraan/pejalan kaki datang dari luar jalur.

Perangkat keras dalam kendaraan prototipe ini disematkan pada MG Marvel R yang disiapkan secara khusus, mencakup lima LiDAR solid-state, delapan kamera dan sensor lainnya, ditambah platform komputasi.

Algoritma persepsi tampaknya bekerja cukup baik dalam demonstrasi ini, berhasil memprediksi rute pejalan kaki, mobil, dan sepeda dari ketinggian hingga 660 kaki (200 m).

DeepRoute menawarkan sistem Driver 2.0 seharga 3.000 dolar AS untuk produsen mobil yang berniat menggunakannya sebagauli kendaraan produksi massal dan robotaxis. Perusahaan menggambarkannya sebagai solusi siap produksi, dan mengharapkan model pertama dengan sistem akan ditawarkan mulai 2025 dan seterusnya.

Topik Menarik