Tesla Tetapkan Jadwal Stock Split Saham Mulai 25 Agustus 2022

Tesla Tetapkan Jadwal Stock Split Saham Mulai 25 Agustus 2022

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 7 Agustus 2022 - 15:12
share

IDXChannel - Tesla Inc (TSLA.O) mengumumkan jadwal pemecahan saham atau stock split saham 1 banding 3 bakal dimulai pada 25 Agustus 2022. Hal itu sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Dilansir dari Reuters , pemegang saham produsen mobil listrik itu memilih rekomendasi manajeman terkait pemilihan direksi dan persetujuan pemecahan saham. Namun, menolak proposal yang berfokus pada lingkungan dan tata kelola.

Adapun Chief Executive Elon Musk memiliki 15,6% saham Tesla, menurut data Refinitiv, setelah menjual jutaan saham tahun lalu.

Setiap pemegang saham yang tercatat pada 17 Agustus akan mendapatkan dividen dua saham tambahan untuk setiap saham yang dimiliki, yang akan dibagikan setelah penutupan perdagangan pada 24 Agustus.

Pemecahan saham baru terjadi dua tahun setelah pemecahan 1:5 untuk membantu menurunkan harga saham yang terbang tinggi dan tak terjangkau bagi investor ritel.

Meskipun perpecahan tidak mempengaruhi fundamental perusahaan, hal itu dapat meningkatkan harga saham dengan mempermudah lebih banyak investor untuk memiliki saham.

Saham Tesla, yang memulai debutnya di pasar modal di level USD17 pada 2010, telah naik menjadi lebih dari USD1.200 pada akhir tahun lalu. Setelah pemecahan saham tahun 2020, menjadikan kapitalisasi pasar perusahaan di atas USD1 triliun.

Saham Tesla, yang berakhir 6,6% lebih rendah pada hari Jumat, turun sekitar 18% tahun ini.

(FRI)

Topik Menarik