Kolaborasi BUMN Sulap Bekas PAbrik Gula Jadi Rest Area Estetik di Brebes

Kolaborasi BUMN Sulap Bekas PAbrik Gula Jadi Rest Area Estetik di Brebes

Otomotif | BuddyKu | Senin, 18 Juli 2022 - 19:42
share

IDXChannel - Kolaborasi sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berhasil memanfaatkan bangunan cagar budaya bekas pabrik gula Banjaratma menjadi destinasi wisata baru di kawasan Brebes, Jawa Tengah.

Kolaborasi \'pelat merah\' yang berisikan PT PP Tbk (PTPP), PT PP Properti Tbk (PPRO) dan PT PP Sinergi Banjaratma itu sukses menyulap gedung peninggalan Belanda itu menjadi Rest Area KM 260 Banjaratma yang unik dan ikonik, sekaligus menjadi sentra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan Sentral Batik Indonesia.

Peresmian Sentral Batik tersebut ditandai oleh penandatanganan MoU empat kementerian yaitu, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Perhubungan, pada Rabu (15/7/2022).

"Saya berterima kasih kepada pengelola Banjaratma, karena sejak awal telah memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM, bahkan memberikan pembebasan sewa hingga 50 persen," ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM), Teten Masduki, dalam keterangan resminya, Senin (18/7/2022).

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan apresiasinya atas upaya pemanfaatan cagar budaya di wilayahnya tersebut. Menurut Ganjar, sebelumnya dijadikan rest area, lokasi tersebut lebih seperti bangunan yang terbengkalai.

"Sebelum dibangun sempat jadi rurmah hantu. Tapi sekarang sudah cantik sekali penataannya. Bahkan, ke depan akan diisi juga dengan seni pertunjukan dan event menarik lainnya," ujar Ganjar.

Rest area KM 260 Banjaratma telah memiliki 158 pelaku UMKM atau hampir 100 persen dari kapasitas tenant yang disediakan. Pelaku UMKM tersebut terdiri dai 130 UMKM dengan produk makanan, minuman, kerajinan dan oleh-oleh. Serta, 28 UMKM dengan produk fesyne pada Sentral Batik Indonesia.

PTPP sendiri bangga karena turut menjadi bagian yang mendukung program percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui rest area tersebut. Perseroan berharap dapat terus mendukung dan menyukseskan program-program pemerintah, utamanya perkembangan infrastruktur di Indonesia. (TSA)

Topik Menarik