Arus Mudik Idul Adha, Ribuan Kendaraan Padati Tol Cipali dan Palikanci Cirebon

Arus Mudik Idul Adha, Ribuan Kendaraan Padati Tol Cipali dan Palikanci Cirebon

Otomotif | BuddyKu | Sabtu, 9 Juli 2022 - 22:37
share

CIREBON, iNews.id - Arus kendaraan lalu lintas di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) hingga Palimanan-Kanci (Palikanci) Kabupaten Cirebon, terpantau ramai lancar, Sabtu (9/7/2022) malam. Ribuan kendaraan pemudik yang merayakan Idul Adha 1443 Hijriah di kampung halaman terlihat melintas tak terputus di jalan tol itu.

Kendaraan yang melintas didominasi mobil pribadi berpelat B dan bus sarat penumpang dari arah Jakarta menuju Jawa. Transaksi di gerbang Tol Palimanan ditiadakan membuat tidak terjadi antrean dan kepadatan. Para pemudik dapat memacu kendaraan dengan kecepatan maksimal 60 kilometer (km) per jam.

Berdasarkan pantauan, peningkatan arus kendaraan dari arah Jakarta-Bogo-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) di Tol Cipali mulai terlihat sejak Sabtu pagi. Arus kendaraan meningkat menjelang sore dan malam hari.

Volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa di Tol Cipali diperkirakan akan meningkat hingga Minggu. Sebab, Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada 10 Juli 2022.

Diketahui, Kementerian Agama memutuskan hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 H jatuh pada hari Minggu 10 Juli 2022. Hal itu berdasarkan sidang isbat yang digelar Rabu (29/6/2022). Secara mufakat 1 Zulhijjah 1443 H jatuh pada Jumat 1 Juli 2022, kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Sidang isbat digelar di Auditorium HM Rasjidi, kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Rangkaian sidang diawali dengan seminar paparan posisi hilal sekitar pukul 17.00 WIB. Kemudian, pada pukul 18.15 WIB dilanjutkan dengan sidang isbat. Sidang tersebut dilakukan secara tertutup.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menerjunkan 29 tim untuk mengamati hilal awal bulan Zulhijah 1443 H. Penentuan awal bulan Zulhijah ini sebagai penanda untuk perayaan Hari Raya Idul Adha setiap 10 Zulhijah bagi umat muslim.

Topik Menarik