Loading...
Loading…
Ini Macam Macam Sensor pada Mobil dan Fungsinya, Kenali dan Pahami!

Ini Macam Macam Sensor pada Mobil dan Fungsinya, Kenali dan Pahami!

Powered by BuddyKu
Otomotif | Sindonews | Selasa, 05 Juli 2022 - 16:49

JAKARTA Sebagian pengendara mungkin belum mengetahui macam macam sensor pada mobil dan fungsinya. Dengan memahami ulasan ini, pengendara setidaknya bisa mengenali beberapa jenis sensor yang ada di mobilnya.

Pada perkembangannya, mobil dilengkapi dengan berbagai komponen sensor yang memudahkan pengoperasiannya. Dalam fungsinya, sensor-sensor ini memiliki fungsi yang berbeda. Namun, tetap saja semuanya memiliki peranan penting pada kendaraan.

Dilansir dari Auto 2000, berikut macam macam sensor pada mobil dan fungsinya :

1. MAP (Manifold Air Pressure) Sensor

Sensor Manifold Air Pressure (MAP) berfungsi sebagai pengukur intensitas tekanan udara pada intake manifold. Pada sistem pembakaran konvensional dengan karburator, sensor ini menggantikan peran dari vacuum advancer.

2. Oil Pressure Sensor

Sensor ini berfungsi sebagai pendeteksi tekanan oli di mesin. Pada kondisi tekanan oli yang menurun, sensor akan langsung mengirim sinyal peringatan lewat indikator oli. Dalam hal ini, pengendara wajib waspada, karena tekanan oli yang terlalu rendah bisa membuat mesin langsung mati.

3. IAT (Intake Air Temperature)

Baca Juga :
Ciri Sensor Oksigen Mobil Rusak, Yuk Kenali Tanda dan Dampaknya

Sensor Intake Air Temperature (IAT) berguna sebagai pengatur suhu udara yang masuk ke intake manifold. Untuk tempatnya sendiri, komponen ini biasanya ada di dekat filter udara.

4. Fuel Level Sensor

Fuel Level Sensor memiliki fungsi sebagai pengukur volume bahan bakar pada tangki. Nantinya, data yang didapatkan sensor bisa dilihat oleh pengendara melalui Multi Information Display (MID) dengan bentuk fuel bar.

5. CMPs (Camshaft Position Sensor)

Macam macam sensor pada mobil dan fungsinya yang berikutnya adalah Camshaft Position Sensor atau CMPs. Berada di head cylinder, sensor ini berfungsi untuk mengetahui posisi top silinder.

Lebih lanjut, nantinya data dari CMPs ini akan berguna untuk pengaturan timing dasar dari sistem pengapian mesin mobil.

6. Brake Pedal Sensor

Pada mekanisme pengereman mobil, sensor ini berguna sebagai pendeteksi posisi dari pedal rem. Jadi, bisa diketahui ketika pengendara menginjak atau melepaskan pedal rem.

Tak hanya itu, pada mobil transmisi otomatis, sensor ini juga membantu proses starting mesin. Ketika sensor mendeteksi pengendara tidak menginjak pedal rem, maka mesin tidak bisa menyala.

Baca Juga :
Tips Belajar Mengendarai Mobil untuk Pemula yang Masih Takut

7. TPS (Throttle Position Sensor)

Sensor TPS memiliki kegunaan sebagai pengukur sudut bukaan katup gas. Biasanya, jenis sensor ini dijumpai pada mobil dengan teknologi Electronic Fuel Injection.

Data dari TPS nantinya akan digunakan untuk melihat volume bahan bakar yang perlu dialirkan ke mesin.

8. Knock Sensor

Knock Sensor berfungsi sebagai pendeteksi detonasi atau engine knocking yang timbul. Cara kerjanya adalah dengan menghasilkan tegangan saat mendeteksi adanya getaran.

Biasanya, sebuah detonasi terjadi karena pembakaran di mesin tidak tepat waktu. Salah satu cirinya adalah munculnya suara ketukan logam pada dinding silinder mesin. 9. Refrigerant Pressure Sensor

Sensor ini berwujud seperti cairan yang berfungsi menurunkan panas pada sistem pendingin. Dalam prosesnya, Refrigerant Pressure Sensor butuh tekanan yang dihasilkan kompresor AC. Tekanan inilah yang diukur oleh sensor tersebut.

10. MAF (Mass Air Flow Pressure) Sensor

Macam macam sensor pada mobil dan fungsinya yang selanjutnya adalah Mass Air Flow Pressure (MAF). Tugas sensor ini untuk menghitung massa udara yang masuk ke intake manifold melalui aliran udara.

11. Air Fuel Ratio Sensor

A/F Sensor berguna sebagai pendeteksi campuran bahan bakar dan udara di dalam tangki. Dalam tugasnya, sensor ini akan mencari informasi mengenai ketepatan campuran tersebut sesuai takaran, terutama saat mesin berada di posisi idle.

12. WTS (Water Temperature Sensor)

Biasa dikenal dengan Engine Coolant Temperature (ECT), sensor ini berfungsi sebagai pengukur suhu air pendingin. Selain itu, sensor WTS juga menjaga suhu air pendingin dalam intensitas yang sesuai. Tujuannya agar suhu mesin tetap terjaga dan stabil.

13. CKPs (Crankshaft Position Sensor)

Sensor ini berfungsi untuk mengetahui kecepatan laju mesin. Terletak di dekat blok mesin, CKPs bisa mendapat informasi kecepatan mesin menggunakan perpotongan ggm pada rotor mesin.

14. Fuel Tank Pressure Sensor

Fungsi sensor ini adalah sebagai pengukur tekanan bahan bakar di tangki. Biasanya, tekanan pada tangki muncul karena turbulensi mesin dan munculnya uap bahan bakar. Letak sensor ini adalah di dalam tangki bahan bakar.

Baca Juga :
Tips Belajar Latihan Mobil untuk Pemula, Terpenting Jaga Konsentrasi

15. VSS (Vehicle Speed Sensor)

Sensor VSS berfungsi untuk mengetahui kecepatan dari mobil. Proses kerjanya adalah dengan menghitung perputaran roda mobil. Jenis sensor ini terdiri dari pick-up dan cincin bergerigi.

Demikian ulasan mengenai macam macam sensor pada mobil dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

(bim)

Original Source

Topik Menarik