Loading...
Loading…
Slovakia Siap Kirim Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina Setelah Dapat Jaminan dari Ceko

Slovakia Siap Kirim Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina Setelah Dapat Jaminan dari Ceko

Powered by BuddyKu
Otomotif | Inews | Senin, 04 Juli 2022 - 11:26

MOSKOW, iNews.id - Slovakia akan menyumbang jet tempur MiG-29 ke Ukraina. Keputusan itu diambil setelah tetangganya, Republik Ceko, setuju untuk berpatroli di wilayah udara Slovakia mulai September mendatang.

Perdana Menteri Ceko Petr Fiala mengatakan kesepakatan pengiriman MiG sudah berjalan selama beberapa bulan.

Kami akan membantu Slovakia sampai ada pesawat baru tersedia. Saya tidak melihat ada masalah, pemerintah pasti akan menyetujuinya, kata Fiala, dalam acara televisi bersama Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger.

Angkatan Udara Slovakia saat ini masih mengoperasikan 12 unit MiG-29. Jet tempur warisan era Uni Soviet itu belakangan ramai dibicarakan karena akan dikirim ke Ukraina.

Ini sejalan dengan pernyataan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell yang mengumumkan bahwa blok tersebut akan memasok jet tempur buatan Soviet milik negara-negara Eropa Timur ke Ukraina.

Rencana Borrell itu sempat mentah setelah Polandia dan Bulgaria, dua negara pengguna jet-jet tempur peninggalan Soviet, tidak jadi mengirim pesawat mereka ke Ukraina.

Namun, Heger pada April lalu menegaskan bersedia menyerahkan 12 unit MiG jika Slovakia bersedia menutupi kebutuhan pertahanannya jika diberi pesawat tempur pengganti dengan buatan Amerika Serikat (AS).

Baca Juga :
Waduh, Slovakia Siap Kirim Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina

MiG dari Slovakia dijadwalkan akan diganti dengan 14 unit F-16 buatan tahun ini. Namun rencana itu ditunda hingga 2024.

Original Source

Topik Menarik