KBRI Tokyo Jodohkan IKM Komponen Otomotif Indonesia dengan Jepang

KBRI Tokyo Jodohkan IKM Komponen Otomotif Indonesia dengan Jepang

Otomotif | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 20:46
share

IDXChannel - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo memfasilitasi pertemuan bisnis antara Japan Autoparts Industries Association (JAPIA) dengan Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO), di kantor KBRI Tokyo, pada Rabu (29/6/2022).

Pertemuan ini merupakan penutup dari rangkaian Autoparts Business Forum (ABF) 2022 yang digagas oleh KBRI Tokyo, atas kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan didukung oleh Kementerian Perindustrian RI, Bank Indonesia serta MUFG Bank, Jepang. Sebanyak 30 wakil Industri Kecil Menengah (IKM) komponen otomotif Indonesia di bawah naungan PIKKO berada di Jepang dalam rangka mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan ABF 2022.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi, meyakini 30 delegasi IKM komponen otomotif Indonesia yang hadir dapat menjadi mitra terpercaya bagi Jepang.

Sebagian besar dari para IKM juga telah bemitra dengan Jepang dalam kurun waktu yang panjang. Untuk itu, saya harapkan kerja sama ke depan akan semakin erat dan luas, ujar Heri, dalam sambutannya.

Menurut Heri, dengan telah terjalinnya jejaring kerja kedua negara ini diharapkan dapat ditindaklanjuti untuk menghasilkan sebuah kerja sama bisnis yang konkret.

Saya mengundang Chairman JAPIA untuk dapat melakukan kunjungan bisnis ke Indonesia dan meninjau kawasan industri yang telah dipersiapkan khusus untuk pabrik komponen otomotif. KBRI Tokyo siap memfasilitasi kunjungan bisnis tersebut, tutur Heri.

Sementara itu, Chairman JAPIA yang juga menjabat sebagai Presiden/CEO Denso Corporation, Mr. Koji Arima, menegaskan komitmennya untuk dapat memperkuat kerja sama yang erat dengan Indonesia.

Saat ini berkat dukungan dari pemasok lokal, anggota JAPIA di Indonesia telah berhasil meningkatkan kandungan lokal hingga 73%. Ke depan, JAPIA siap mendukung peningkatan kualitas pemasok lokal dari anggota PIKKO guna mendapatkan nilai saing kompetitif yang semakin tinggi, tegas Arima.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Ketua PIKKO, Farri Aditya, menekankan pentingnya kolaborasi antar pemasuk komponen dalam membuat suatu unit produk untuk otomotif dalam rangka menyambut industri 4.0.

Topik Menarik