4 Keutamaan Bertobat, Salah Satunya Membuka Pintu Rezeki

4 Keutamaan Bertobat, Salah Satunya Membuka Pintu Rezeki

Otomotif | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 19:26
share

BERTOBAT adalah cara berhenti dari kemaksiatan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta\'ala. Manusia sendiri memang tempatnya salah dan dosa, baik sengaja ataupun tidak. Jadi ada baiknya segera bertobat kepada Allah Ta\'ala, meminta ampunan sepenuh hati dan berjanji tidak lagi mengulanginya.

Ketika seorang Muslim melakukan kesalahan atau dosa, maka harus segera bertobat dan jangan menundanya. Setidaknya ada 4 keutamaan bertobat. Apa saja? Berikut ini penjelasannya, seperti telah MNC Portal rangkum.

1. Dicintai Allah Ta\'ala

Orang yang bertobat dengan tobatan nasuha maka akan menyucikan diri dari dosa-dosanya, sepanjang waktu akan merebut perhatian Allah.

Allah Subhanahu wa ta\'ala berfirman:

Artinya: "Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri." (QS Al Baqarah: 222)

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

2. Membuka pintu rezeki

Tobat dapat membuka pintu rezeki yang baru, bahkan datangnya yang tidak terduga-duga. Dimudahkan dari segala urusan dunia, kesulitan, dan kesusahan hidup.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

Artinya: "Barang siapa yang senatiasa beristighfar, Allah jadikan untuknya kelonggaran dari segala keresahan; jalan keluar dari segala kesempitan, dan Allah beri dia rezeki dari arah yang tidak ia sangka-sangka." (HR Ibnu Majah)

3. Jalan menuju surga

Bertobat adalah jalan menuju jaminan surga bagi At-tawwabin (orang-orang yang bertobat). Dengan memohon ampunan atas dosa-dosa, maka tidak lain balasannya adalah surga Allah Subhanahu wa ta\'ala.

Allah Subhanahu wa ta\'ala berfirman:

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobatan nasuha (tobat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS At-Tahrim: 8)

Topik Menarik