4 Keutamaan Bertaubat Lengkap dengan Dalilnya, Dibukakan Pintu Rezeki hingga Dicintai Penduduk Langit

4 Keutamaan Bertaubat Lengkap dengan Dalilnya, Dibukakan Pintu Rezeki hingga Dicintai Penduduk Langit

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 29 Juni 2022 - 23:33
share

JAKARTA, celebrities.id - Keutamaan bertaubat sangat banyak. Alquran bahkan menjelaskan keutamaan taubat lewat banyak kisah dan dalil.

Manusia memang tempatnya salah, baik disengaja atau tidak ada baiknya segera bertobat kepada Allah SWT. Apalagi meminta ampunan dengan hati yang sungguh-sungguh, dan berjanji tidak lagi mengulanginya.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, ketika seorang muslim melakukan suatu kesalahan atau dosa, maka harus segera bertobat dan jangan menundanya.

Ada beberapa keutamaan di dalamnya, yaitu ketika kita bertaubat kepada Allah Subhanahu wa taala, katanya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Pertama, dicintai Allah. Orang yang bertaubat dengan taubatan nasuha, mensucikan diri dari dosa-dosanya sepanjang waktu akan merebut perhatian Allah.

Sehingga dirinya akhirnya layak untuk mendapatkan ridha Allah Subhanahu wa taala, kalau ridha Allah sudah ada ya apalagi yang dia cari, semuanya pasti selamat dan berkah tujuannya, tuturnya.

Allah berfirman:

Artinya: Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (QS. Al Baqarah: 222).

Kedua, Taubat dapat membuka jalan rezeki yang baru, bahkan datangnya yang tak terduga. Dimudahkan dari segala urusan dunia, kesulitan dan kesusahan hidup.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, Allah jadikan untuknya kelonggaran dari segala keresahan; jalan keluar dari segala kesempitan, dan Allh beri dia rezeki dari arah yang tidak dia sangka-sangka. (HR.Ibnu Majah ).

Ketiga, bertaubat adalah jalan menuju Jaminan surga bagi At-tawwabin (orang-orang yang bertaubat), dengan memohon ampunan atas dosa-dosanya, maka tidak lain balasanya ketika taubat itu diterima adalah surga Allah, ujarnya.

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. (QS. At-Tahrim: 8)

Keempat, bertobat menjadikan seseorang akan dicintai penduduk langit (para malaikat), orang yang mau selalu bertobat kepada Allah. Serta senantiasa menyesali segala dosa, maka para malaikat Allah bertasbih dan memohon ampunan kepadaNya untuk dirinya.

Allah Subhanahu wa taala berfirman:

Artinya: (Malaikat-malaikat) yang memikul Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat. (QS. Ghafir: 7).

Topik Menarik