Menperin Minta Pelaku Industri Komponen Otomotif Bersiap Masuki Era Baru

Menperin Minta Pelaku Industri Komponen Otomotif Bersiap Masuki Era Baru

Otomotif | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 23:30
share

IDXChannel - Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, meminta kepada para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di sektor komponen otomotif untuk segera bersiap diri untuk memasuki era baru di industri otomotif.

Menurut Agus, saat ini para pelaku IKM harus bersiap masuk ke era industri Eletrical Vehicle (EV) atau kendaraan listrik. Hal ini seiring isu perubahan iklim yang kini menjadi salah satu faktor pendorong perubahan pada industri otomotif nasional dan juga dunia.

"Kita harapkan teman-teman dari IKM untuk siap-siap masuk kedalam dunia EV di Indonesia," ujar Agus, dalam acara Autoparts Bussiness Forum Indonesia - Jepang, Senin (27/6/2022).

Agus menyebut bahwa ke depan pemerintah bakal fokus dalam mendorong pertumbuhan ekosistem kendaraan EV. Karenanya, para pelaku IKM harus mampu segera beradaptasi dan mengikuti gelombang perubahan yang terjadi.

"Karena kami percaya bahwa Indonesia punya nilai strategis, negara-negara lain tidak memiliki, yaitu nikel yang sangat banyak sebagai bahan baku baterai mobil listrik," tutur Agus.

Disamping itu, Agus juga sekaligus mengingatkan para pelaku IKM untuk segera melakukan transformasi digital pada proses produksinya. Hal tersebut dilakukan bukan untuk memangkas jumlah tenaga kerja, melainkan demi mengejar titik efisiensi paling optimal dalam proses produksinya.

"Saya juga berharap teman teman dari IKM agar bisa mulai melakukan transformasikan diri dalam proses produksinya menggunakan digitalisasi, ini tidak lain adalah supaya proses produksi dari industri IKM sendiri bisa lebih efisien," ungkap Agus.

Bukan tanpa alasan, karena pemerintah harus melakukan percepatan produksi, sehingga produk yang dihasilkan bisa lebih banyak, dengan demikian maka jumlah produk yang jual otomatis akan ikut lebih banyak.

"Ini berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor otomotif," pungkas Agus. (TSA)

Topik Menarik