Belajar dari 17 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang, Apa yang Harus Dilakukan saat Rem Blong?

Belajar dari 17 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang, Apa yang Harus Dilakukan saat Rem Blong?

Otomotif | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 10:30
share

VIRAL di media sosial kecelakaan di Jalan Tol Purbaleunyi atau Tol Cipularang KM 92 yang terjadi pada Minggu malam 26 Juni 2022 melibatkan belasan kendaraan.

Dalam video yang beredar, sejumlah kendaraan sudah dalam posisi tak beraturan. Badan mobil pun tampak rusak.

Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur menjelaskan kronologi kejadian kecelakaan Tol Cipularang. Tabrakan beruntun bermula saat bus Laju Prima B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya pada pukul 20.20 WIB.

"Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong sehingga menabrak kendaran di depannya," kata Denny.

Kecelakaan beruntun ini melibatkan beberapa kendaraan sekaligus lantaran saat kejadian, situasi lalu lintas sedang padat. "Mengingat Minggu, biasanya terjadi peningkatan lalu-lintas masyarakat yang dari Bandung menuju ke Jakarta," ujar Denny.

Akibat kecelakaan tersebut, tiga orang mengalami luka berat dan 16 lainnya luka ringan. Korban kecelakaan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Abdul Radjak Purwaka

Berkaca dari insiden tersebut, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan saat rem blong melansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1) Terus Pompa Rem

Jika saat mengendarai mobil dan tahu bahwa remnya mendadak blong, langkah yang bisa diambil adalah terus memompanya.

Pengendara lalu terus memompa rem agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala. Jika kendaraan mendadak beralih ke anti locking braking atau ABS, terus pompa saja.

Lama kelamaan, tekanan di rem akan kembali seperti semula.

Meski demikian, jika saat dipompa rem terasa kasar ataupun berat, mungkin di bagian pedalnya ada sesuatu.

Anda bisa memeriksa bagian rem untuk mengetahui benda apa yang mengganjal di bagian pedalnya.

infografis

2) Menurunkan Gigi Transmisi

Manfaatkanlah efek dari engine brake untuk menurunkan bagian gigi transmisi di pedal mobil.

Dalam hal ini, ada tahapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan dulu mobil Anda manual bukan mobil matik. Jika manual maka caranya turunkan bagian gigi transmisi secara bertahap dan lakukanlah dengan gerakan cepat.

Jika sedang memakai gigi nomor 4, maka turunkan dalam gerakan cepat secara bertahap sampai gigi yang pertama. Jangan sampai pengemudi menurunkannya tidak bertahap, misalnya dari empat langsung ke gigi nomor dua.

Hal itu akan menyebabkan mobil tidak terkendali. Namun, jika mobil Anda termasuk kedalam jenis transmisi otomatis atau matik, maka caranya adalah sebaliknya. Langsung diturunkan saja ke gigi nomor 1.

Jadi, tidak perlu menurunkannya secara bertahap seperti mobil jenis manual. Cara ini akan membuat mobil Anda melaju lebih lambat saat rem blong. Lama kelamaan rem akan kembali seperti semula. Pastikan Anda bisa melakukannya supaya tidak terjadi hal yang buruk ketika mobil sedang dikemudikan.

Topik Menarik