Sayonara Bisnis Ponsel, Kini Blackberry Jadi `Rookie` di Bisnis Teknologi Otomotif

Sayonara Bisnis Ponsel, Kini Blackberry Jadi `Rookie` di Bisnis Teknologi Otomotif

Otomotif | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 06:03
share

IDXChannel - Terdesak persaingan industri yang semakin ketat sebagai produsen telepon seluler (ponsel), perusahaan teknologi asal Kanada, Blackberry, akhirnya memutuskan untuk menghentikan seluruh aktivitasnya di bisnis tersebut.

Sebagai gantinya, Blackberry kini diketahui mulai meretas asa sebagai penyedia layanan teknologi dan keamanan siber di bidang otomotif. Dan layaknya seorang \'rookie\' dalam olahraga basker, kehadiran Blackberry di segmen bisnis ini juga dinilai cukup menjanjikan.

Sebagaimana dilansir Reuters, Minggu (26/6/2022), Blackberry hingga Mei 2022 lalu telah berhasil meraup pendapatan sebesar US$168 juta, jauh di atas rata-rata perkiraan analis pasar yang sebesar US$160,7 juta. Capaian tersebut juga melampaui perkiraan yang sebelumnya telah dirilis oleh Wall Street.

Dalam laporan tersebut, peningkatan pendapatan BlackBerry disebut sejalan dengan lonjakan permintaan kendaraan listrik dan teknologi mobil yang terintegrasi. Saat ini, BlackBerry tercatat sebagai salah satu mitra penyedia teknologi bagi produsen otomotif dunia sekelas General Motors, Mercedes-Benz dan juga Toyota.

Pendapatan bisnis dari segmen Internet-of-Things (IoT) untuk otomotif disebut menjadi kontributor utama kinerja BlackBerry saat ini, dengan porsi sumbangan mencapai 19 persen terhadap total kinerja Blackberry. Sedangkan segmen bisnis keamanan siber menyumbang sekitar enam persen seiring banyaknya perusahaan yang memanfaatkan layanan cloud selama pandemi COVID-19. (TSA)

Topik Menarik