4 Modus Pencurian Listrik yang Sering Terjadi di Indonesia dan Cara PLN Mengetahuinya

4 Modus Pencurian Listrik yang Sering Terjadi di Indonesia dan Cara PLN Mengetahuinya

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 19:23
share

JAKARTA - 4 Modus pencurian listrik yang sering terjadi di Indonesia dan cara PLN mengetahuinya. Pencurian listrik masih saja menjadi masalah di Indonesia. Akibat hal ini banyak pelanggan PLN yang dirugikan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Setelah diselidiki, terdapat beberapa modus yang biasa dipakai untuk melakukan pencurian listrik. Lantas, apa saja 4 modus pencurian listrik yang sering terjadi di Indonesia dan cara PLN mengetahuinya? Untuk selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

4 Modus Pencurian Listrik yang Sering Terjadi di Indonesia. Berikut modus pencurian listrik yang kerap kali terjadi di Indonesia.

1. Mengganti MCB Meteran Listrik

Terkadang ada beberapa oknum pelanggan yang berbuat curang guna mengurangi tagihan listrik namun tetap dengan daya yang sama. Pelanggan kerap mengganti Miniature Circuit Breaker (MCB) meteran listrik dengan sengaja.

2. Mengakali kWh Meter

Selain mengakali MCB, pelanggan juga kerap mengakali kWh meter (meteran listrik) dengan menurunkan kawat jumper antara terminal 1 dan 3. Dengan begitu, catatan pemakaian listrik menjadi lebih rendah dari aslinya.

3. Kombinasi Modus MCB dan kWh

Ada juga pelanggan yang kerap mengubah daya listrik sekaligus mengakali meteran agar sesuai dengan keinginannya. Cara ini dinilai sebagai cara paling populer dari semuanya.

Topik Menarik