Menteri Basuki Hemat Listrik hingga 40% berkat Konsep <i>Green Building</i>

Menteri Basuki Hemat Listrik hingga 40% berkat Konsep Green Building

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 14:43
share

JAKARTA - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengklaim konsep green building bisa menghemat listrik dan air. Konsep ini sudah diterapkan oleh Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dengan penerapan tersebut PUPR mampu menghemat pengunaan listrik hingga air. Gedung perkantoran PUPR disebut mampu menghematkan penggunaan listrik hingga 40% serta mampu menghemat air hingga 35%. Hal itu dimungkinkan karena dari sisi penerangan mampu memanfaatkan sinar alami dari matahari.

Sedangkan untuk penghematan air, mampu dilakukan dengan mengolah limbah air bekas wudhu maupun cuci tangan untuk dapat digunakan kembali dan diolah, minimal untuk menyiram tumbuhan yang ada sekitar lingkungan kantor kementerian PUPR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa sejalan dengan komitmen Indonesia dalam menghadapi isu lingkungan, setiap pembangunan harus berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon melalui berbagai pembangunan infrastruktur.

"Sebagai contoh pembangunan gedung hijau kantor pusat Kementerian PUPR, pasar tradisional serta rumah susun (rusun) hemat energi, kebun raya dan ruang terbuka hijau, serta pembangunan TPA sampah dengan teknologi sanitary landfill dan incinerator," ujar Menteri Basuki dikutip Minggu (26/6/2022).

Topik Menarik