Loading...
Loading…
Ini 3 Cara Menyetel Rem Cakram Mobil, Penting Untuk Diketahui

Ini 3 Cara Menyetel Rem Cakram Mobil, Penting Untuk Diketahui

Powered by BuddyKu
Otomotif | Sindonews | Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:24

JAKARTA Sedikitnya ada tiga cara menyetel rem cakram mobil yang bisa diketahui. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mengalami masalah dengan rem cakram saat berkendara.

Rem cakram merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai penurun laju kendaraan. Untuk itu komponen ini memang perlu dijaga dan dirawat. Menyetel rem cakram juga termasuk salah satu perawatan yang perlu dilakukan supaya komponen ini tetap terjaga dengan baik.

Berikut tiga cara menyetel rem cakram yang bisa dilakukan seperti dilansir Auto2000 :

1. Mempersiapkan Alat yang Diperlukan

- Dongkrak mobil- Kunci 21 maupun kunci roda- Kunci 12 shock atau kunci stang rachet- Anti karat supaya memudah untuk melepas tromol- Obeng minus- Baut 12mm sebanyak 2 pcs.

2. Perawatan Rem Tromol

Tahap berikutnya masuk pada pembukaan, yaitu membuka rem tromol sebelum disetel, dengan cara berikut :

- Pertama, kendorkan mur roda bagian belakang, lalu dongkrak bagian bawah dan naikkan body mobil sampai posisinya aman- Kemudian, buka mur roda yang telah dikendorkan dan buka roda belakangnya- Lalu, bila roda sudah benar benar terbuka dan sesuai dengan posisi yang diinginkan, turunkan rem tangan- Setelah itu, putar rem tromol kemudian semprotkan cairan anti karat melalui sedikit celah yang terdapat di mur roda serta hub roda, karena biasanya karat akan nampak antara drum brake dengan hub roda- Tunggu 2 sampai 3 menit supaya cairan anti karat yang telah disemprot tersebut meresap antar celah hub roda bersama dengan tromol- Silahkan masukkan baut berukuran 12 mm yang pada lubang berulir 12 mm kemudian putar baut searah jarum jam dengan kunci 12 sehingga brake drum dapat tertarik keluar.- Dan terakhir, lepaskan bagian tromol dan langsung saja buka lagi baut yang dipakai untuk bisa mengeluarkan brake drum.

Baca Juga :
2 Cara Membersihkan Rem Cakram Berkarat, Mudah dan Praktis

3. Perawatan Rem Cakram

Terakhir adalah tahap penyetelan, dengan tahapan sebagai berikut :

- Pertama, lakukan pengecekan terlebih dulu terhadap kampas rem, bila kurang dari 1 atau 2 mm, sebaiknya ganti dengan yang baru- Kedua, lakukan pemutaran ke arah bagian atas gigi dengan obeng minus, penyetel biasanya akan terdengar suara klik pada saat sudah diputar, kemudian hitung dari 5 hingga 10 klik, ketika diputar penyetel brake shoe akan mengembang;- Ketiga, Masukkan bagian drum brake dan jangan lupa usahakan bagian tromol bisa masuk dengan mudah, bila tidak bisa masuk berarti setelan rem tersebut memang terlalu keluar atau pun putaran penyetelan terlalu banyak. Silahkan mengurangi beberapa klik putaran gigi penyetel dengan memutar ke arah sebaliknya atau memutar ke arah bawah bela belum berhasil.- Keempat, Masukkan kembali bagian drum brake dan harus bisa berputar dengan mudah- Terakhir, pasang lagi roda dengan benar serta kencangkan mur roda kemudian masuk lagi ke kabin dan cek ada berapa klik suara rem tangan saat menarik tuas rem tangan, biasanya 6 hingga 7 klik sesudah penyetelan rem di belakang.

Baca Juga :
Minimalisir Kecelakaan, Pahamilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

(bim)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{