17 Tentara Terluka gara-gara Diserang saat Kawal Konvoi Truk Pengangkut Makanan

17 Tentara Terluka gara-gara Diserang saat Kawal Konvoi Truk Pengangkut Makanan

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 16:56
share

QUITO, iNews.id Sebuah konvoi truk pengangkut makanan yang dikawal oleh militer Ekuador diserang kelompok tak dikenal saat rombongan berada di wilayah metropolitan negara itu. Akibatnya, 17 tentara terluka dalam insiden itu.

Konvoi yang mengangkut makanan dan barang-barang lainnya dicegat dan diserang oleh sekelompok agresor, ungkap Angkatan Bersenjata Ekuador dalam pernyataannya, Jumat (24/6/2022).

Menurut pihak militer, para penyerang tak hanya melukai belasan tentara. Mereka juga menghancurkan tiga truk.

Ekuador dilanda kerusuhan sipil selama beberapa minggu terakhir. Pada 13 Juni, Konfederasi Kebangsaan Adat Ekuador (CONAIE) melancarkan aksi protes kecil-kecilan terhadap kebijakan sosial dan ekonomi pemerintah di 11 wilayah.

Kerusuhan meningkat keesokan harinya, ketika polisi menahan pemimpin CONAIE, Leonidas Iza, selama 24 jam atas tuduhan mengganggu pekerjaan pelayanan publik. Presiden Ekuador, Guillermo Lasso, mengumumkan keadaan darurat di enam provinsi, termasuk Ibu Kota Quito.

Iza, yang kini menghadapi tuntutan pidana, menuntut pemerintah memastikan keselamatan para demonstran, mencabut status darurat, dan menarik pasukan untuk memulai negosiasi.

Dia mengatakan, sebuah dokumen yang berisi 10 tuntutan, yang telah diabaikan oleh pihak berwenang selama lebih dari setahun, sama sekali belum ditindaklanjuti. Tuntutan itu antara lain berupa pembekuan harga BBM, pengendalian harga kebutuhan pokok, penangguhan privatisasi aset pemerintah, dan bantuan kepada keluarga yang membutuhkan.

Protes massal telah menyebar ke 23 dari 24 provinsi di negara Amerika Latin itu.

Topik Menarik