Tebak Harga Baterai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5? Bikin Geleng-geleng

Tebak Harga Baterai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5? Bikin Geleng-geleng

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 10:57
share

IDXChannel - Salah satu hal yang membuat harga mobil listrik masih mahal adalah harga baterainya yang mahal. Seperti Hyundai Ioniq 5 yang dibandrol Rp414,5 juta, harga baterainya saja seharga dua unit mobil Toyota Avanza!

Menurut Suprayetno selaku Head of Service Planning and Strategy Department Hyundai Mobil Indonesia (HMID), hargai baterai pada mobil Ioniq 5 satu set setengah harga dari harga mobil listrik tersebut.

Seperti diketahui, mobil listrik Ioniq 5 memiliki dua tipe yang berbeda Prime Long Range dan Signature Long Range. Kedua harga unit tersebut dijual mulai Rp718 juta hingga Rp829 juta.

"Kalau ganti satu set, ya harganya 50 persen dari harga mobil," ujar Suprayetno saat disela-sela kegiatan test drive Hyundai Ioniq 5 di Bandung, Jawa Barat, (23/6/2022).

Mengurai dari pembicaraan Suprayetno, harga dari baterai varian tertinggi Ioniq 5 senilai Rp414,5 juta. Bisa dikatakan baterai tersebut hampir setara dua unit Toyota Avanza varian termurah seharga Rp233,1 juta.

Suprayetno menjelaskan baterai yang digunakan pada Ioniq 5 ada beberapa versi dan kapasitas baterai yang disuplai. Dimana setiap satu set baterai tersebut, pasti akan terdiri dari puluhan modul dengan ribuan sel baterai.

"Kami hitungan satu set itu kalau melihat (baterai varian) long range dengan 72 kw itu ada 30 modul," kata Suprayetno menjelaskan.

Tak hanya itu, penggantian baru akan dilakukan berdasarkan kerusakan atau penurunan kualitas pada sel baterai tersebut, jadi harganya bisa ditekan.

"Jadi kalau diganti tidak semua 30 modul. Per modul kami hitung. Kalau satu modul plus minus 80 sel, harga per model dijual RP 15 juta," kata Suprayetno.

Lebih lanjut, Suprayetno memastikan bahwa setiap pembelian baterai Ioniq 5 mendapatkan garansi hingga 8 tahun. Mobil listrik ini meluncur di Indonesia ditawarkan dalam dua tipe yakni Prime dan Signature. Keduanya tersedia dengan pilihan baterai Standard Range dan Long Range.

"Artinya berapa lama usia baterai Ioniq 5, intinya kami di Hyundai berikan garansi 8 tahun. Kami pastikan jika terjadi mulfungsi kami akan berikan garansi," tutup Suprayetno . ( RRD )

Topik Menarik