Evaluasi Mudik 2022, Pemerintah Bakal Tambah Kantong Parkir di Rest Area

Evaluasi Mudik 2022, Pemerintah Bakal Tambah Kantong Parkir di Rest Area

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 21 Juni 2022 - 09:18
share


IDXChannel - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menilai ketersediaan kantong parkir di rest area masih tergolong kurang sehingga perlu untuk menambah jumlah kantong parkir.

"Hasil evaluasi kami bersama dengan Kementerian Perhubungan, untuk menghadapi hari-hari besar nasional perlu disiapkan tambahan kantong-kantong parkir di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) jalan tol, sehingga mungkin perlu pembebasan lahan," kata Menteri Basuki pada keterangan tertulisnya, Senin (20/6/2022).

Selain di TIP jalan tol, Menteri Basuki juga menyebutkan perlunya ada penambahan kantong-kantong parkir di sekitar Pelabuhan Merak. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di pelabuhan.

"Kami sudah bertemu dengan Gubernur Banten dan beliau sudah siapkan lahan sekitar 5 ha untuk kantong parkir," sambung Menteri Basuki.

Sedangkan dukungan kesiapan infrastruktur jalan, menurut Menteri Basuki pada arus mudik lebaran 2022 sudah lebih baik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada lebaran 2022, setidaknya sudah dioperasikan sepanjang 47.017 Km, dan jalan tol sepanjang 2.500 Km.

Menteri Basuki juga menyebutisn untuk Peningkatan layanan TIP/ rest area jalan tol, pada mudik Lebaran 2022 dioperasikan sebanyak 133 TIP yaitu 77 TIP A, 40 TIP B dan 16 TIP C sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Di setiap TIP dilakukan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus COVID-19 dengan menyiapkan alat pengukur suhu, hand sanitizer, penyediaan fasilitas scan QR Code Aplikasi Peduli Lindungi, serta fasilitas kesehatan dengan menyediakan layanan vaksin dosis 2/booster dan tes antigen.

"Kami juga menyediakan toilet sampai 100 unit di setiap TIP A dan B, baik itu toilet permanen, semi permanen/fungsional, portable, container, mobile, dan pemanfaatan toilet tenant sebagai toilet umum," sambung Menteri Basuki.

Sedangkan untuk kegiatan pembangunan di jalan tol, Menteri Basuki menyebutkan antara lain tekah dilakukan duplikasi Jembatan Ciujung KM 57 Jalan Tol Tangerang Merak yang selesai 16 April 2022, dan pelebaran Jalan Tol Jakarta Cikampek jalur B (KM 67 KM 50) untuk menambah kapasitas jalan saat arus balik khususnya kendaraan kecil yang selesai 23 April 2022.

"Nanti tahun depan akan dilebarkan kembali pada jalur A-nya," pungkasnya.



(SAN)

Topik Menarik