Minimalisir Kecelakaan, Pahamilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

Minimalisir Kecelakaan, Pahamilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

Otomotif | BuddyKu | Senin, 13 Juni 2022 - 16:07
share

Rem mobil yang tidak balik ketika sedang di tengah jalan bisa saja menyebabkan kemacetan dan mengganggu arus lalu lintas. Buruknya lagi bila terjadi kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Inilah penyebab rem mobil tidak balik lagi seperti dilansir Auto2000 :

1. Rem tidak digunakan dalam waktu yang lama

Rem yang telah lama tak digunakan bisa mengalami penurunan fungsi, sehingga tak bisa bekerja secara maksimal dikarenakan perubahan suhu. Hal inilah yang membuat rem mudah berkarat, terutama pada bagian permukaan cakram.

2. Rem mulai berkarat

Seperti yang dibahas pada point sebelumnya, selain karena suhu bisa juga karena kontak antara rem dengan jalan sering terjadi, belum lagi terdapat debu, lumpur, atau tanah yang sangat mudah masuk ke komponen ini. Sehingga rem sulit untuk digerakkan.

Kinerja rem yang menjadi berat ini akan sering terjadi vapour lock. Vapour lock adalah kondisi di mana ada udara yang terjebak dalam rem, sehingga menyebabkan besi pada sistem rem mudah berkarat.

Penyebab ini bisa diatasi dengan rutin membersihkan mobil. Karena bila sudah terdapat karat yang menumpuk pada rem, komponen ini akan sulit untuk digerakkan.

3. Rem Terlalu Rapat saat Disetel

Dalam penggunaannya, rem memerlukan ruang untuk bergerak. Menyetel rem terlalu rapat dapat membuat rem susah untuk digerakkan.

Rem harus diberikan jarak bebas (freeplay) ketika disetel, baik itu rem cakram maupun rem tromol. Kerapatan kampas rem dan permukaan tromol juga harus teliti saat dipasang. Hal ini supaya rem lebih leluasa untuk digunakan.

Jika sudah terlanjur dipasang terlalu rapat, lakukanlah penyetelan ulang dengan memperhatikan tingkat kerapatan. Sebaiknya lakukanlah hal ini pada ahlinya yang mengerti tentang komponen mobil.

4. Rem sudah melewati masa pakai

Rem juga memiliki usia tersendiri layaknya komponen lain. Terutama rem jenis seal yang berbahan karet. Masa kadaluarsa rem jenis seal bisa diketahui dari bahan karetnya yang mulai mengeras dan kaku.

Sehingga piston rem hanya terkunci pada satu sisi yang membuat gerakannya bisa terkunci. Inilah yang menjadi salah satu penyebab rem mobil tidak balik lagi, ditandai dengan susahnya rem saat digerakkan.

Jika sudah seperti ini, lebih baik mengganti rem yang karetnya sudah mulai mengeras dengan yang baru untuk mengatasi masalahnya.

Itulah empat penyebab rem mobil tidak balik lagi. Untuk mencegah masalah ini terjadi memang seharusnya rutin dalam melakukan pengecekan dan menjaga kebersihan mobil.

(bim)

Topik Menarik