4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Jangan Dianggap Sepele!

4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Jangan Dianggap Sepele!

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 8 Juni 2022 - 10:24
share

RADIATOR bocor dapat menyebabkan mesin mobil gampang mengalami overheat atau cepat panas. Untuk itu penting mengetahui penyebab radiator bocor agar bisa melakukan penanganan.

Nah bagi yang belum tahu, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan radiator mobil mengalami kebocoran. Berikut ini adalah paparan lengkapnya, seperti dilansir dari blog Suzuki:

1. Umur Radiator

Setiap komponen memang memiliki usia pemakaiannya masing-masing, termasuk radiator. Umumnya untuk radiator cukup lama usianya. Kalau dirawat dengan baik bisa sampai 10 tahun.

Namun, tidak sedikit juga yang menginjak usia 5 tahun mulai bermasalah. Kalau radiator sudah mengalami keretakan atau kebocoran, segeralah menggantinya.

infografis

2. Saluran Radiator Terhambat

Penggunaan air biasa dan tak rajin memperhatikan kondisi air radiator, lama kelamaan akan muncul kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator.

Ketika sudah terhambat, panas dari mesin tidak dapat disalurkan ke elemen pelepas panas radiator. Sebaiknya dicek kondisinya tiap 30.000 km atau 40.000 km, supaya radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya.

Topik Menarik