Begini Cara Mengemudi Mobil Manual di Turunan

Begini Cara Mengemudi Mobil Manual di Turunan

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 7 Juni 2022 - 09:31
share

JAKARTA Bagi pengendara tentunya harus memahami cara mengemudi mobil manual di turunan guna menghindari kecelakaan . Keahlian dan ketenangan tentunya menjadi kunci dalam mengendarai mobil saat melaju turun.

Untuk itu, berhati hati dan selalu waspada dalam mengendarai mobil di turunan adalah hal yang perlu dilakukan. Namun, bukan itu saja, masih ada beberapa hal yang diperlukan.

Berikut cara mengemudi mobil manual di turunan seperti dilansir berbagai sumber :

1. Menggunakan Gigi Rendah

Cara pertama adalah dengan menurunkan gigi terlebih dahulu. Sebisa mungkin turunkan hingga pada posisi ke 2 dan biarkan mesin melakukan pengereman. Selanjutnya tekanlah rem sedikit demi sedikit untuk menjaga kecepatan atau rpm pada titik yang aman.

2. Menggunakan Rem Mobil

Cara mengemudi mobil manual di turunan yang kedua adalah dengan menggunakan rem mobil. Cara ini bertujuan agar mobil tidak overheat atau blong. Karena bisa menyebabkan kecelakaan saat di jalan menurun sehingga berbahaya untuk pengendara lain.

Masalah teknis yang perlu diperhatikan sebelum melewati jalan menurun adalah dengan mengecek kondisi kampas rem. Komponen ini sangat berperan penting dalam melewati turunan tajam.

Ketika kampas rem tidak diganti, tentunya rem tidak akan berfungsi dengan baik. Dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Itulah cara mengemudi mobil manual di turunan. Meskipun sudah ahli dalam mengemudikan mobil, namun kondisi mobil harus tetap terjaga dengan baik. Sehingga mau bagaimanapun medan yang akan dihadapi mobil akan tetap dapat menghadapinya tanpa terkena masalah.

(bim)

Topik Menarik