Benarkah Posisi Duduk Menyetir Mobil Pengaruhi Keselamatan Berkendara?

Benarkah Posisi Duduk Menyetir Mobil Pengaruhi Keselamatan Berkendara?

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 7 Juni 2022 - 08:31
share

SAAT mengemudi mobil , banyak hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah cara dan posisi menyetir. Banyak orang yang menganggap posisi duduk tidak penting, tapi ternyata itu sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan.

Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan posisi duduk saat mengemudi itu ada cara dan aturan yang aman.

Kalau cara dan posisi mengemudi sudah benar, maka dipastikan akan merasa nyaman dan tentunya aman selama di perjalanan, ucapnya seperti dikutip dari Mitsubishi Motors , Senin (6/6/2022).

Lantas bagaimana yah posisi duduk yang benar saat menyetir? Berikut ulasannya.

1. Posisi ergonomis

Rifat Sungkar mengatakan saat menyetir, posisi duduk harus benar-benar ergonomis. Pastikan punggung menempel dengan back rest atau sandaran jok. Selain itu, sesuaikan sandaran sehingga Anda bersandar pada sudut sekitar 100 derajat.

Duduk bersandar pada sudut ini akan menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah sehingga akan membuat aktivitas mengemudi menjadi nyaman. Perlu diingat, sebaiknya atur posisi duduk seperti itu sebelum melakukan perjalanan agar Anda merasa nyaman, tutur Rifat.

2. Perhatikan posisi tangan

Selain itu adalah posisi tangan. Posisi tangan pastinya memiliki peran penging selama mengendalikan roda kemudi dan tuas persneling. Sebaiknya atur posisi tangan posisi arah jam 9 dan arah jam 3.

Dia menambahkan agar mengatur posisi lingkar kemudi sesuai dengan postur badan.

Enaknya di setiap model mobil Mitsubishi, posisi setir bisa diatur naik turun dan maju mundur sesuai kenyamanan pengemudi berkat fitur Tilt and Telescopic Steering, jelasnya.

Topik Menarik