Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan, Begini Cara Mengatasinya

Otomotif | BuddyKu | Sabtu, 4 Juni 2022 - 12:30
share

JAKARTA Banyak penyebab tenaga tenaga motor seperti tertahan atau biasa dikenal dengan istilah ngempos yang perlu diketahui para pemilik motor .Jadi tidak perlu khawatir jika menghadapi masalah ini karena bisa diatasi dengan mudah asalkan tahu penyebabnya.

Secara umum masalah tenaga motor tertahan disebabkan oleh perawatan, usia kendaraan, kompresi mesin, dan proses pembakaran. Lebih lengkapnya, simak paparan berikut, dilansir dari laman Suzuki, Sabtu (4/6/2022).

1. Jarang Service Rutin Penyebab utama tenaga motor hilang adalah karena jarang melakukan perawatan berkala seperti service. Contoh paling sering terjadi ada di sistem kelistrikan, yakni aki yang memang perlu perawatan dengan mengecek kondisinya.

Pada saat sistem kelistrikan yang menjadi awal mula proses pembakaran terjadi mengalami masalah, maka mesin akan terasa tertahan saat digas. Penyebabnya karena aki sudah tidak bisa menampung daya listrik atau menyalurkannya sesuai kebutuhan.

Untuk itu, mulai sekarang rajinlah untuk service rutin. Tujuannya agar semua komponen yang perlu dibersihkan atau diganti bisa dilakukan tepat waktu.

2. Kerusakan Komponen karena Faktor Usia Tenaga motor tertahan seringkali terjadi pada sepeda motor matik atau manual versi lama. Masalah usia kendaraan memang tidak bisa menipu, performanya akan menurun apalagi jika servicenya tidak dilakukan rutin.

Misalnya saja sepeda motor manual yang sudah berusia lima tahun lebih, biasanya memiliki masalah pada rantai. Sedangkan hal yang sama juga bisa terjadi pada van belt di sepeda motor matic.

Rantai atau van belt yang sudah terlalu lama akan mulai kendor. Solusinya adalah mengganti rantai atau van belt yang sudah rusak dan tidak bisa dikencangkan lagi agar dapat menyalurkan tenaga dengan baik.

3. Masalah pada Kompresi Mesin Penyebab tenaga motor seperti tertahan yang selanjutnya adalah hilangnya kompresi pada motor. Kompresi pada motor adalah tekanan yang dihasilkan pada piston saat gas dan udara dipadatkan sehingga volumenya mengecil.

Pada saat kompresi motor menghilang, maka tenaga akan tertahan. Hal ini paling sering terjadi pada motor matic yang memiliki RPM tinggi. Dampak yang terjadi bahkan bukan hanya tenaga motor tertahan, tetapi juga bisa mesin mati.

Cara mengatasi motor yang sudah mati karena masalah pada kompresi ini adalah dengan starter engkol. Setelah itu gas sampai maksimal, tujuannya agar bahan bakar bisa masuk ke dalam mesin.

4. Sistem Pembakaran yang Tidak Lancar Tenaga yang dihasilkan oleh motor berasal dari pembakaran antara BBM di ruang bakar. Ada banyak sekali komponen yang membantu untuk memercikkan api, memasukan udara dan juga BBM. Masing-masing komponen bekerja saling mendukung supaya semua bahan pembakaran tersebut jumlahnya tepat. Apabila terjadi masalah pada salah satu komponen saja tenaga motor bisa saja tertahan.

Masalah pada komponen ini beragam jenisnya, bisa karena kondisi busi buruk, kepala silinder kotor, spul melemah, tekanan pada fuel pump berkurang, dan filter udara yang tersumbat. Pengecekan berkala beberapa komponen berikut ini pun diperlukan.

(wib)

Topik Menarik