Loading...
Loading…
6 Cara Mudah Cek Kondisi Tutup Radiator, Simak di Sini

6 Cara Mudah Cek Kondisi Tutup Radiator, Simak di Sini

Powered by BuddyKu
Otomotif | Okezone | Sabtu, 04 Juni 2022 - 12:30

BERBAGAI cara mudah cek kondisi tutup radiator yang bisa dilakukan. Tutup radiotor pada mobil sebenarnya tak hanya berfungsi sebagai penutup saja. Memang fungsi utamanya menjaga agar cairan radiator tidak tumpah, tetapi kompomen ini memiliki fungsi lainnya.

Tutup radiator juga bertanggung jawab untuk menjaga tekanan ideal dalam sistem pendinginan mesin. Pada bagian atas tutup, pemilik mobil bisa menemukan angka-angka yang menunjukkan indikator kerja.

Contohnya adalah 0.9, 1.1, dan 1.2. Angka tersebut menjadi penanda batas tekanan pressure valve yang dapat diatur oleh tutup radiator. Satuan ukur untuk ambang batas tekanan adalah Kpa atau bar.

Berikut cara mudah cek kondisi tutup Radiator yang dirangkum Okezone :

1. Tidak Sembarang Buka Tutup Radiator

Contohnya dengan tidak sembarangan membuka tutup saat mesin mobil sedang panas, karena uap panas akan menyembur keluar dan bisa mencederai. Kemudian, jangan terlalu sering membuka dan menutupnya karena bisa membuatnya longgar.

2. Selalu ganti tutup radiator

Bila memang terpaksa harus mengganti tutup radiator, pastikan hanya menggantinya dengan komponen asli yang berkualitas. Sebab, mengganti bagian ini dengan barang aftermarket lain bisa menggagalkan fungsi pendinginan mesin.

Baca Juga :
Cara Mudah Cek Sistem Pendingin Mesin Normal atau Tidak

Jadi, menjaga tutup radiator dalam kondisi terbaik akan memperpanjang usia mesin mobil Anda.

3. Cek Volume Air Radiator

Cara merawat radiator mobil yang pertama adalah mengecek volume air radiator. Selayaknya sistem pendingin, radiator membutuhkan cairan yang perlu disirkulasikan untuk menjaga suhu mesin.

Maka dari itu, volume air radiator adalah bagian vital yang harus diperiksa secara berkala supaya mesin bisa tetap bersuhu stabil; jangan sampai kurang melampaui batas.

Original Source

Topik Menarik

{