Cip Semikonduktor Langka, Pengiriman Motor Honda ke Konsumen Telat

Cip Semikonduktor Langka, Pengiriman Motor Honda ke Konsumen Telat

Otomotif | kabaroto.com | Kamis, 2 Juni 2022 - 16:00
share

KabarOto.com - Langkanya cip semikonduktor mulai dirasakan oleh pabrikan mobil dan juga motor. Tak hanya di negara lain, produsen motor di Indonesia mulai mengalami kondisi tersebut, membuat produksi mereka menjadi tersendat. Akibatnya, pengiriman motor ke konsumen memakan waktu cukup lama.

PT Astra Honda Motor (AHM), salah satu pabrikan motor terbesar di Indonesia, meminta maaf kepada konsumen setianya. Permintaan maaf, dilakukan karena lambatnya pengiriman untuk beberapa model pesanan konsumen.

AHM saat ini mengaku, tengah merasakan dampak langkanya pasokan cip semikonduktor di seluruh dunia. Hal itu menjadi penyebab lambatnya distribusi sepeda motor Honda ke konsumen.

New Honda Vario 160 (Foto: KO)

"Kami mohon maaf telah membuat Anda menunggu lebih lama. Saat ini kami sedang berusaha untuk mengatasi masalah tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen setia sepeda motor Honda sebaik-baiknya," tulis AHM dalam keterangannya, Kamis (2/6).

Sebagai informasi, cip semikonduktor sangat penting untuk induatri elektronik dan juga otomotif. beberapa waktu lalu, Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM menjelaskan, kriris tidak hanya berpengaruh di tingkat domestik, tapi juga banyak wilayah lain.

Krisis cip semikonduktor juga dipengaruhi oleh perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Karena, banyak pasokan dari negara tersebut. Cip semikonduktor juga dibutuhkan oleh industri elektronik. Sehingga keduanya bersaing untukmendapatkan komponen kecil ini.

Sejak dua tahun ke belakang, kebutuhan elektronik meningkat, membutuhkan komponen itu lebih banyak lagi. "meski tidak bergantung pada satu negara, tapi kondisi lockdown di Tiongkok membuat dampak ke kita," jelas Thomas.

Topik Menarik