Loading...
Loading…
Kebiasaan Buruk Saat Mengendarai Motor yang Wajib Dihindari

Kebiasaan Buruk Saat Mengendarai Motor yang Wajib Dihindari

Powered by BuddyKu
Otomotif | Sindonews | Senin, 30 Mei 2022 - 07:55

JAKARTA Ada beberapa hal buruk yang tanpa disadari kerap kita lakukan sebagai pengendara motor. Dan sialnya, kebiasaan ini ternyata dapat membahayakan diri kita dan juga orang lain.

Untuk menjadi pengendara motor yang baik dan taat aturan, sudah sepatutnya kita mengetahui kebiasaan buruk yang harusnya kita hindari. Ini demi keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Nah, apa aja kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari oleh pengendara motor? Berikut ini paparan lengkapnya, seperti dilansir dari laman Astra Honda Motor :

1. Memodifikasi Motor Tidak Sesuai Aturan Memodifikasi motor memang merupakan hak setiap pengendara sepeda motor. Semua orang tentu bebas memodifikasi motor mereka agar terlihat lebih berbeda. Tapi perlu diingat, pastikan motor yang dimodifikasi tidak digunakan di jalan raya sebagai kendaraan harian. Tentunya selain karena dilarang, modifikasi juga bisa menjadikan motor tidak aman. Apalagi sampai harus merubah bentuk motor secara drastis. Jadi, motor modifikasi akan lebih baik jika hanya dibawa ke acara pameran otomotif.

2. Tidak Menggunakan Helm Kebiasaan buruk yang satu ini menjadi yang paling banyak dilakukan oleh pengendara. Biasanya alasannya karena jarak tempuh dekat jadi tidak usah menggunakan helm. Padahal sebagai pengendara bermotor juga harus memperhatikan keselamatan diri. Untuk itu, mulai sekarang biasakan untuk menggunakan helm saat berkendara.

3. Memaksa Berkendara dalam Keadaan Tidak Fit Tidak sedikit pengendara yang memaksakan diri untuk tetap berkendara, padahal keadaan tidak sedang fit. Biasanya dilakukan ketika dalam perjalanan jauh seperti mudik. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya. Jangan terlalu memaksakan. Lebih baik menunggu kondisi hingga benar-benar fit.

4. Tidak Mematuhi Peraturan Lalu Lintas Lampu lalu lintas sudah disediakan agar mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dan juga mengatur jalannya arus lalu lintas. Tapi masih ada saja yang tidak mematuhinya. Melanggar peraturan lalu lintas dapat menjadikan arus lalu lintas menjadi kacau dan bisa membahayakan pengguna jalan yang lain. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan tersebut.

(dan)

Original Source

Topik Menarik

{