Ini Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati saat Mengemudi Malam Hari

Ini Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati saat Mengemudi Malam Hari

Otomotif | BuddyKu | Senin, 23 Mei 2022 - 18:39
share

JAKARTA Para pengemudi mematikan lampu kabin mobil ketika berkendara di malam hari . Ternyata hal itu dilakukan ada tujuan dan maksud tersendiri.

Ada 5 alasan harus mematikan lampu kabin mobil ketika mengemudi di malam hari, berikut penjelasannya.

1. Menyesuaikan Penglihatan Mata pada Malam Hari Alasan pertama kenapa kita harus mematikan lampu kabin saat mengemudi malam hari karena akan menyulitkan pandangan kita. Pupil mata akan berubah ukuran sesuai intensitas cahaya yang diterima.

Jika lampu kabin pada mobil menyala, pupil akan mengecil dan menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit. Jika di saat sama, keadaan di luar mobil begitu gelap, maka kemampuan penglihatan pun akan terganggu.

Oleh karena itu, lampu kabin mobil yang dimatikan akan membuat pupil matamu menyesuaikan diri dengan intensitas cahaya di luar mobil.

2. Menjaga Privasi Salah satu alasan lain kenapa lampu kabin mobil harus dimatikan yaitu untuk menjaga privasi Anda agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti dibegal.

Jika lampu kabin pada mobil menyala, para penjahat, seperti penjahat begal, akan lebih mudah melakukan aksinya karena sudah mengetahui kondisi di dalam mobil Anda.

3. Boros Aki Lampu kabin yang dibiarkan terus menyala di sepanjang perjalanan, juga akan berpengaruh pada komponen aki. Sebagai penghasil energi listrik, daya aki mobilmu akan terkuras habis jika kamu menyalakan lampu kabin mobil dalam jangka waktu yang lama.

Apalagi, jika sedang melakukan perjalanan jauh. Lampu kabin yang terus-terusan dinyalakan akan menyebabkan aki mobil cepat habis. Dampaknya mobil akan mogok. Tidak hanya itu, habisnya aki mobil akan berpengaruh pada performa mobil dan menyebabkan kerusakan komponen mobil yang lain.

4. Mengganggu Konsentrasi Pengendara Lain Lampu kabin yang menyala saat malam hari akan mengganggu konsentrasi pengendara mobil yang berada di sekitar Anda. Pandangan pengendara lain bisa saja teralihkan, jika lampu kabin mobil menyala.

Itulah sebabnya pada malam hari, Anda dilarang menyalakan lampu kabin untuk menerangi bagian dalam mobil. Tidak hanya Anda yang akan terkena dampaknya, pengendara lain juga.

5. Terkena Tilang Menghidupkan lampu kabin di malam hari juga berpotensi ditilang polisi karena bisa mengganggu pengendara lain dan diri sendiri di jalan raya. Menyalakan lampu kabin sama saja melanggar aturan yang diklaim dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

(wib)

Topik Menarik