Loading...
Loading…
Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet yang Bikin Santai

Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet yang Bikin Santai

Powered by BuddyKu
Otomotif | Sindonews | Senin, 23 Mei 2022 - 17:19

JAKARTA Cara mengemudi mobil manual di jalan macet dengan aman yang perlu diketahui. Umumnya, kondisi jalan macet tentu tak bisa diprediksi atau dihindari. Sehingga tak jarang pengendara akan merasa kesulitan dalam kondisi macet perjalanan.

Selain memakan waktu, kemacetan juga bisa menguras kondisi fisik pengendaranya. Terlebih pada mobil manual. Karena selain harus menunggu kemacetan panjang, posisi pengendara juga harus tetap mengoperasikan transmisi dan kopling.

Dilansir dari situs Toyota Connect, berikut beberapa tips atau cara mengemudi mobil manual di jalan macet:

1. Pakai Gigi Rendah

Dalam kondisi jalanan yang macet, pengendara dianjurkan untuk menggunakan gigi rendah. Dalam hal ini, posisikan transmisi di gigi 1 atau 2 selama menghadapi kemacetan.

Alasan pengambilan gigi rendah ini dimaksudkan agar pergerakan mobil tetap stabil. Saat macet, tentu kendaraan di depan juga maju dengan perlahan. Maka dari itu, posisi transmisi gigi rendah ini ditujukan agar pergerakan mobil tetap baik dan alias tidak terlalu berat.

Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan mesin mobil mati di tengah kemacetan.

Baca Juga :
Penting, Tips Mengendarai Mobil di Jalur Menanjak Agar Kopling Awet

2. Jangan Memaksa untuk Membuat Manuver

Kondisi macet pada jalanan tentu membuat pengendara tak nyaman. Biasanya, hal yang terlintas di pikiran adalah mencari celah untuk menyalip kendaraan didepannya. Manuver seperti ini tidak boleh dilakukan, karena bisa berbahaya bagi anda maupun pengendara lain.

Setidaknya, pengendara bisa menyalakan lampu sein apabila ingin berpindah jalur. Lalu, lihat kondisi di belakang dengan melihat dari arah spion. Jangan asal berpindah jalur karena bisa memunculkan konflik dengan pengendara lain dan bisa menjadikan malapetaka.

3. Pakai Rem Tangan

Cara ini bisa dilakukan apabila kondisi macet yang ditemui dalam keadaan parah. Dalam keadaan kendaraan tidak bisa bergerak sama sekali, gunakan rem tangan untuk mencegah kendaraan melaju sendiri akibat keadaan jalan yang tidak rata atau menurun.

Selain itu, pada kondisi macet parah ini juga bisa membuat kopling menjadi cepat aus. Hal ini terjadi apabila pengendara tidak menggunakan rem tangan dan terus menginjak kopling.

Gunakan rem tangan, lalu geser posisi transmisi ke Netral serta turunkan kedua kaki anda dari pedal gas dan kopling untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Cara ini terbukti efektif menurunkan tingkat kelelahan saat terjebak kemacetan parah.

Baca Juga :
Begini Cara Mengemudi Mobil Manual di Turunan

4. Jaga Jarak Aman

Pengendara harus memastikan jarak yang aman dengan kendaraan lain di depan maupun belakangnya. Perhitungkan jarak sekitar waktu 3-5 detik untuk menghindari situasi yang membutuhkan respon mendadak.

Jarak tersebut bisa memungkinkan anda mengerem atau membanting setir ke arah lain untuk menghindari crash. Intinya, jangan memaksakan jarak terlalu dekat dengan mobil lain. Karena bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

5. Tetap Mematuhi Aturan Lalu-Lintas

Dalam kondisi apapun, pengendara harus tetap mematuhi peraturan lalu-lintas. Terkadang, ada pengendara yang tidak sabar dalam menghadapi macet. Sehingga membuatnya memaksa untuk menyalip tanpa aturan, hingga menerobos lampu merah.

Hal-hal demikian tentunya sangat tidak diperbolehkan. Selain melanggar aturan, bisa juga menjadikan bahaya bagi pengendara lain. Maka dari itu, demi mewujudkan ketertiban dan keselamatan pengguna jalan raya, hendaknya semua ini berawal dari kesadaran diri masing-masing pengendara.

Cara mengemudi mobil manual di jalan macet tersebut dapat Anda coba dan rasakan perbedaannya.

(wbs)

Original Source

Topik Menarik

{
{